Salin Artikel

2 Turis Asal Amerika Tersesat di Hutan karena Ikuti Google Maps

Keduanya berhasil ditemukan Tim SAR gabungan sekitar tengah malam. Mereka mengalami sejumlah luka lecet.

Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) Denpasar Gede Darmada mengatakan, kedua turis itu mengendarai sepeda motor dari Pantai Amed sekitar pukul 17.00 Wita.

Mereka hendak menuju kawasan Pererenan, Mengwi, Badung, Bali. Karena tak tahu jalan, mereka menggunakan aplikasi Google Maps.

Namun, aplikasi tersebut mengarahkan mereka ke kawasan hutan Desa Selumbung. Mereka pun tersesat di kawasan Bukit Catu, Kecamatan Manggis, Karangasem.

"Mereka panik karena mereka tersesat dan hari mulai gelap, selanjutnya salah seorang (di antara dua turis itu) segera menghubungi temannya Isabela untuk meminta pertolongan," kata Gede Darmada seperti dikutip Surya.co.id, Senin (22/6/2020).

Setelah mendapatkan kabar dari rekannya, Isabela langsung menghubungi Basarnas Bali.

Basarnas Bali menggerakkan tim dari Pos SAR Karangasem, selanjutnya bersama dengan unsur SAR mulai menyisir hutan melalui medan perbukitan terjal.

Sebanyak lima personel Pos SAR Karangasem, lima personel Polres Karangasem, lima personel Polsek Manggis, pemandu Mudi Taker, dan masyarakat setempat terlibat dalam pencarian itu.

Sementara itu, Roland dan Ridge juga berusaha mencari jalan keluar dari dalam hutan. Namun, medan yang curam dan licin menyulitkan mereka.


Turis asal Amerika itu memutuskan turun dari motor dan berjalan kaki mencari permukiman warga.

Sekitar pukul 23.30 Wita, Roland dan Ridge ditemukan pada koordinat 8°28.14.2'S - 115°31.40'E.

Saat ditemukan, dua turis asing itu dalam keadaan baik. Mereka hanya mengalami lecet pada bagian tangan dan persediaan air minum yang hampir habis.

Mereka berhasil ditemukan karena masih bisa mengakses jaringan internet.

“Beruntung mereka masih bisa mengakses jaringan internet, sehingga bisa share lokasi dan ternyata posisinya tak terlalu jauh dari jalan setapak,” ujar Darmada.

Pencarian itu membutuhkan waktu lebih dari satu jam. Setelah ditemukan, dua turis asing itu dievakuasi ke Polsek Manggis untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut.

Artikel ini telah tayang di surya.co.id dengan judul 2 Wisatawan Amerika Tersesat di Bali Akibat Ikuti Google Map

https://regional.kompas.com/read/2020/06/24/12110201/2-turis-asal-amerika-tersesat-di-hutan-karena-ikuti-google-maps

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke