Salin Artikel

Karawang Masih Zona Merah Meski Semua Pasien Positif Covid-19 Sembuh

KARAWANG, KOMPAS.com - Meski semua pasien positif Covid-19 sudah sembuh, Karawang masih zona merah. Masyarakat diminta tak terlena.

Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Karawang Fitra Hergyana mengatakan, Karawang masih zona merah Covid-19 lantaran terdapat penambahan jumlah orang dalam pemantauan (ODP), pasien dalam pengawasan (PDP), orang tanpa gejala (OTG), dan pasien reaktif dari hasil rapid test atau tes cepat.

"Tak hanya itu, adanya kasus meninggal dunia dari pasien yang reaktif, PDP ataupun ODP juga masih terjadi," kata Fitra, Minggu (24/5/2020).

Fitra menyebut, kabar Karawang keluar zona merah tidak benar, meski pada Minggu (24/5/2020) belum ada penambahan kasus positif Covid-19.

"Karena pusat ataupun provinsi masih menetapkan Karawang zona merah," ujar dia.

Fitra mengatakan, ada delapan indikator penilaian penetapan zona dan keberhasilan dari pelaksanaan pembatasan sosial berskala besar (PSBB).

Kedelapan indikator itu adalah laju ODP, PDP, kesembuhan, kematian, transmisi, pergerakan, reproduksi atau penularan dari satu orang ke orang lain, dan geografi.

Oleh karena itu, ia mengimbau masyarakat tetap waspada dan menjalankan protokol kesehatan, termasuk tidak berkerumun dan tetap pakai masker jika beraktivitas di luar rumah.

Fitra menambahkan, ada pasien status PDP yang meninggal dunia namun belum sempat dites swab.

Karenanya sesuai dengan protokol pemakaman, jenazah dimakamkan sesuai standar pemakaman Covid-19.


Hingga Minggu (24/5/2020) belum ada penambahan pasien positif Covid-19 di Karawang.

Sementara itu, data pasien reaktif rapid test total 247 orang, dengan selesai isolasi 194 orang, masih observasi atau dalam perawatan 30 orang, dan meninggal 23 orang.

Kemudian, jumlah PDP sebanyak 344 orang, 285 orang sudah sembuh, masih dalam pengawasan 34 orang dan meninggal 25 orang.

ODP berjumlah 4.779 orang, selesai 3.799 orang, masih dalam pemantauan 977 orang, dan meninggal 3 orang.

Lalu jumlah OTG sebanyak 781 orang, selesai pemantauan 604, dan masih dalam pemantauan 177 orang.

https://regional.kompas.com/read/2020/05/24/20173421/karawang-masih-zona-merah-meski-semua-pasien-positif-covid-19-sembuh

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke