Salin Artikel

UPDATE Covid-19 Sulsel 5 Mei: 640 Positif, 228 Pasien Sembuh

MAKASSAR, KOMPAS.com - Kasus positif virus corona (Covid-19) di Sulawesi Selatan mengalami penambahan sebanyak 33 orang pada Selasa (5/5/2020).

Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Sulsel Muhammad Ichsan Mustari mengatakan, sudah ada 640 kasus positif Covid-19 di Sulawesi Selatan yang tersebar di 21 Kabupaten/Kota. 

Tiga daerah yang belum memiliki kasus positif yakni Kabupaten Toraja Utara, Barru, dan Bantaeng.

"640 ini angka yang positif dan pernah positif karena di antara ini ada 228 pasien yang teah sembuh, 367 dirawat, dan 45 meninggal dunia," kata Ichsan saat telekonferensi bersama wartawan melalui zoom.

Dia menambahkan, 33 kasus positif baru di Sulawesi Selatan berasal dari Kota Makassar dengan 20 orang, Luwu Utara 4 orang, Pangkep 3, Maros 2, serta Sidrap, Gowa, Parepare dan Pinrang masing-masing 1 orang.

Khusus di Makassar, kata dia, 10 pasien baru merupakan karyawan di salah satu toko yang ada di Kota Makassar.

"Pencarian kontak terhadap 20 orang ini ada 10 orang yang bertempat di satu toko. Ini perlu jadi penekanan. Pembatasan toko yang mempekerjakan banyak orang, jumlah pekerja kalau perlu dibatasi," ujar Ichsan.

Sementara itu, pasien baru dari Kabupaten Pangkep dan Luwu Utara, kata Ichsan berasal dari klaster santri dari pondok pesantren Al Fatah Temboro Magetan di Jawa Timur.

Selebihnya, kata Ichsan, pasien baru di Sulawesi Selatan berasal dari transimisi lokal dengan pasien Covid-19 sebelumnya.

Selain kasus positif Covid-19 baru, Ichsan menuturkan ada 17 pasien positif yang telah dinyatakan sembuh dari virus corona.

Dengan penambahan tersebut, total ada 228 pasien positif Covid-19 di Sulsel yang telah dinyatakan sembuh.

"Keberhasilan ini bukan hanya keberhasilan satu pihak tapi kerja sama kita semua sehingga jumlah yang sembuh ini semakin banyak. Program katering makanan kepada pasien dilakukan sehingga pasien ini bisa meningkat imunitasnya," pungkas Ichsan.

https://regional.kompas.com/read/2020/05/05/22200331/update-covid-19-sulsel-5-mei-640-positif-228-pasien-sembuh

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke