Salin Artikel

Positif Corona di NTB Tambah 8 Orang, dari Klaster Sukabumi dan Klaster Gowa

MATARAM, KOMPAS.com - Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) merilis tambahan 8 kasus positif corona baru.

Hingga Jumat (17/4/2020), total kasus positif Covid-19 di NTB sebanyak 55 orang.

"Bahwa pada hari ini, telah diperiksa 53 sampel dengan hasil 45 sampel negatif dan delapan sampel baru positif Covid-19," kata Sekretaris Daerah Selaku Ketua Pelaksana Harian Gugus Tugas Provinsi NTB, Lalu Gita Ariadi, dalam rilis resmi, Jumat.

Berdasarkan hasil penelusuran dari delapan pasien terkonfirmasi positif hari ini, empat di antaranya merupakan klaster Sukabumi dan empat sisanya dari klaster Gowa.

Empat pasien klaster Sukabumi di antaranya, pasien nomor 48, pasien 49, pasien 50 dan pasien nomor 51.

Berdasarkan hasil penelusuran, empat pasien memiliki riwayat perjalanan ke Sukabumi, Jawa Barat, dalam 14 hari sebelum sakit dan memiliki riwayat kontak dengan pasien Covid-19 di Sukabumi.

Saat ini, keempat pasien masih dirawat di RS Bhayangkara Mataram dalam kondisi baik.

"Saat ini dalam keadaan baik dan sedang menjalani karantina di bawah pengawasan ketat dari atasannya," kata Gita.

Sementara, dari klaster Gowa bertambah empat orang yaitu, pasien nomor 52, pasien nomor 53, pasien nomor 54 dan pasien nomor 55.


Berdasarkan hasil penelusuran, empat pasien memiliki riwayat perjalanan ke Gowa, Sulawesi Selatan, dan tidak pernah punya riwayat kontak dengan pasien Covid-19.

Keempat pasien itu juga masih dirawat di beberapa rumah sakit rujukan Covid-19 dengan kondisi baik.

"Dengan adanya tambahan delapan kasus baru terkonfirmasi positif Covid-19 dan tidak ada sembuh baru, maka jumlah pasien positif Covid-19 di Provinsi NTB sampai hari ini sebanyak 55 orang, dengan perincian 11 orang sudah sembuh, dua meninggal dunia, 42 orang masih positif dan dalam keadaan baik," terang Gita.

Untuk mencegah penularan dan deteksi dini penularan Covid-19, petugas kesehatan terus melakukan contact tracing terhadap semua orang yang pernah kontak dengan pasien yang terkonfirmasi positif.

https://regional.kompas.com/read/2020/04/17/22402331/positif-corona-di-ntb-tambah-8-orang-dari-klaster-sukabumi-dan-klaster-gowa

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke