Salin Artikel

Tiba di Solo, Pemudik Dijemput Bus Menuju Tempat Karantina

SOLO, KOMPAS.com - Pemkot Surakarta menyiapkan lima armada bus untuk menjemput pemudik dari wilayah Jakarta, Bekasi, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek) menuju tempat karantina.

Bus tersebut masing-masing ditempatkan di Stasiun Jebres, Stasiun Balapan, Stasiun Purwosari, Terminal Tirtonadi dan Bandara Internasional Adi Soemarmo.

"Tujuan untuk menyiapkan bus ini adalah untuk menjemput para pemudik yang nekat akan mudik ke Solo, khususnya warga yang mudik ber-KTP Solo akan dijemput bus langsung menuju tempat karantina," kata Wali Kota Surakarta FX Hadi Rudyatmo ditemui di Solo, Jawa Tengah, Jumat (3/4/2020).

Tempat karantina bagi pemudik yang disiapkan yakni gedung Graha Wisata Niaga berlokasi di Jalan Slamet Riyadi, pusat jantung Kota Solo.

Gedung dua lantai ini mampu menampung hingga 122 orang.

"Pemudik sebelum bertemu dengan anggota keluarganya harus kita karantina selama 14 hari di sana," terang dia.

Rudy menyampaikan bus yang disiapkan untuk menjemput para pemudik telah dilengkapi dengan masker, hand sanitizer dan juga telah disemprot cairan disinfektan.

"Kita sudah koordinasi dengan kepala terminal, stasiun dan bandara. SOP penjemputan sedang dibuat oleh Dinas Kesehatan dan Gugus Percepatan Penanganan Covid-19," ucapnya.

Selain gedung Graha Wisata Niaga, Pemkot Solo juga menyiapkan lokasi karantina bagi warga Solo berstatus Orang Dalam Pemantauan (ODP), yakni Ndalem Joyokusuman dan Ndalem Priyosuhartan.

"Hari ini sudah mulai kita masukkan bed untuk tidur pemudik," tuturnya.

Sementara itu, Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Solo Ahyani menambahkan, selama karantina 14 hari, warga berstatus ODP maupun pemudik akan diperiksa kondisi kesehatannya.

Mereka juga akan dipantau oleh tim dari Dinas Kesehatan Kota (DKK), Dinas Sosial (Dinsos), Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP), Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), dan TNI/Polri.

"Tempat ini kita siapkan bagi warga (ODP) dan pemudik yang memang tidak bisa melakukan karantina mandiri sehingga difasilitasi Pemkot," ujar Ahyani.

https://regional.kompas.com/read/2020/04/03/12160771/tiba-di-solo-pemudik-dijemput-bus-menuju-tempat-karantina

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke