Salin Artikel

Pengungsi Banjir Citarum Bakal Jalani Rapid Test

"Kita siapkan 400 rapid tes, hari ini akan dites tapi random sampling," ungkap Emil, sapaan akrabnya saat meninjau banjir di Kecamatan Bojongsoang, Kabupaten Bandung, Rabu (1/4/2020).

Jika ditemukan ada warga positif, Emil meminta petugas kesehatan untuk segera mengambil membawa warga ke pelayanan kesehatan terdekat.

"Kemudian kepada zona yang diduga perlu diwaspadai kami sudah mengirimkan rapid test juga untuk menyampling pengungsi supaya kita bisa monitor. Kalau ternyata negatif semua berarti situasi lebih aman terkendali. Tapi kalau di sampling itu ada yang positif rapid tentunya kita segera lakukan tindakan kesehatan yang artinya warga kita tarik ke unit-unit layanan kesehatan," tuturnya.

Emil menjelaskan, di tengah pandemi Covid-19 ini ia meminta agar para pengungsi untuk tetap menjalani protap penanggulangan Covid-19.

Selain diberi masker, jarak antar keluarga pun diatur.

"Pengungsi sudah diatur oleh protap, pertama pengungsi diberi masker juga kedua dalam proses pengungsian di banyak titik dikasih jarak-jarak antar keluarga untuk menjaga jarak aman dari sisi kesehatan pada masyarakat," jelasnya.

https://regional.kompas.com/read/2020/04/01/14055721/pengungsi-banjir-citarum-bakal-jalani-rapid-test

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke