Salin Artikel

Bupati Lamongan Minta Pedagang Kaki Lima di Perantauan Tak Mudik dan Berjualan Secara Online

Warga Lamongan di perantauan sebagian besar membuka warung atau pedagang kaki lima (PKL) yang berjualan menu khas Lamongan seperti soto ayam, tahu campur, dan pecel lele,

Imbauan tidak pulang kampung atau mudik ini baik saat ini hingga menjelang Lebaran mendatang.

Imbauan tersebut sebagai antisipasi penyebaran virus corona atau Covid-19 di Lamongan.

"Saya minta saudara-saudara saya di perantauan, para penjual soto ayam, tahu campur, dan pecel lele untuk tidak pulang kampung dulu untuk mencegah penyebaran Covid-19 di Lamongan," kata Fadeli di gedung Negara Grahadi Surabaya, Sabtu (28/3/2020).

Berjualan secara online

Dia mengimbau warga Lamongan di perantauan untuk tetap meningkatkan usahanya dengan berjualan secara online saat masa darurat Covid-19.

"Untuk sekarang, tingkatkan penjualan secara online dulu, dan membatasi bertemu pembeli atau langganan," katanya.

Fadeli menyebut, warganya banyak merantau ke seluruh daerah terutama di Jakarta sebagai penjual makanan kaki lima khususnya menjual makanan menu soto ayam, tahu campur, dan pecel lele.

"Bisa dibilang 80 persen penjual menu-menu tersebut berasal dari Lamongan. Biasanya mereka pulang kampung saat Lebaran," jelasnya.

Dia khawatir, kedatangan para perantau ke Lamongan akan semakin membuat suasana semakin tidak kondusif.

"Karena itu, untuk sementara waktu saya minta tidak pulang kampung dulu," jelasnya.


Jumlah pasien positif corona di Jatim bertambah

Hingga Jumat (27/3/2020) sore, jumlah Pasien Dalam Pengawasan (PDP) di Kabupaten Lamongan tercatat ada 9 orang, dan Orang Dalam Pemantauan (ODP) ada 94 orang.

Sementara data di tingkat Provinsi Jawa Timur hingga Jumat sore, pasien positif Covid-19 dari yang semula 59 orang, bertambah 7 orang menjadi 66 orang.

"Dengan bertambahnya jumlah pasien positif, bertambah pula daerah yang dinyatakan terjangkit Covid-19. Ada tambahan 4 daerah yang terjangkit yakni Situbondo, Jember, Lumajang dan Kota Batu," kata Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa di Gedung Negara Grahadi Surabaya, Jumat (27/3/2020).

Jumlah Pasien Dalam Pengawasan (PDP) juga bertambah dari 221 menjadi 267 orang. Sementara Orang Dalam Pemantauan (ODP) dari 3.055 menjadi 3.781.

"Per Jumat sore alhamdulillah juga ada yang sembuh satu orang dan meninggal dunia 1 orang. Semuanya dari Kabupaten Kediri," terang Khofifah. 

https://regional.kompas.com/read/2020/03/28/18095871/bupati-lamongan-minta-pedagang-kaki-lima-di-perantauan-tak-mudik-dan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke