Salin Artikel

Maluku Utara Umumkan 1 Kasus Positif Corona dan 5 PDP

TERNATE, KOMPAS.com - Satgas Percepatan Pencegahan Covid-19 Provinsi Maluku Utara, Senin (23/3/2020) mengumumkan adanya 1 pasien asal Kota Ternate positif terkena virus corona.

Pasien positif tersebut merupakan satu dari tiga orang pasien berstatus pasien dalam pengawasan (PDP) yang diumumkan pada Jumat (20/3/2020) lalu.

“Terkonfirmasi positif 1 orang. Itu sesuai hasil uji laboratorium spesimen dari Jakarta dan hasilnya baru kami dapatkan tadi siang,” kata Sekretaris Satgas Percepatan Pencegahan Covid-19 Provinsi Maluku Utara, dr Rita Alkatiri, Senin sore.

Satgas telah melakukan contact tracing terhadap orang-orang yang pernah melakukan kontak dengan pasien positif tersebut.

Selain itu, lanjut dia, untuk pasien dengan status PDP saat ini menjadi 5 orang, kemudian orang dalam pengawasan (ODP) 7 orang, dan 309 orang melakukan isolasi diri sendiri.

“Jumlah orang dengan isolasi mandiri terjadi peningkatan karena adanya upaya skrining yang dilakukan oleh petugas kesehatan di lapangan dan anjuran untuk lakukan isolasi mandiri,” kata Rita.

Begitu pun kasus ODP, terjadi penambahan yang ditemukan saat skrining di pintu pelabuhan dan berdasarkan hasil pemeriksaan klinik kesehatan.

Terkait dengan itu, pihaknya mengimbau kepada warga tetap tenang tapi waspada.


“Mari bersama-sama lawan corona dengan berdiam diri di rumah, lindungi diri, lindung sesama, siap untuk selamat, hindari membagi dan menerima berita tentang covid yang tidak diketahui sumber dan kebenarannya,” ujar dia.

Upaya lain yang terus dilakukan untuk mencegah penyebaran Covid-19 yaitu melalui media KIE yang disebar tentang kewasdaaan dan upaya melindungi diri dari Covid-19.

Kemudian, melakukan skrining di bandara dan pelabuhan serta anjuran isolasi mandiri bagi pendatang dari daerah terinfeksi Covid-19.

Serta, melengkapi diri dari kebutuhan alat pelindung diri (APD) bagi petugas kesehatan yang menangani covid-19.

https://regional.kompas.com/read/2020/03/23/20193341/maluku-utara-umumkan-1-kasus-positif-corona-dan-5-pdp

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke