Salin Artikel

Kalbar KLB Corona, 3 Pos Lintas Batas Negara Indonesia Malaysia Ditutup

Penutupan dilakukan oleh pihak provinsi untuk mencegah penyebaran virus corona.

Tiga pos lintas batas negara yang ditutup yakni Aruk di Kabupaten Kapuas, Entikong di Kabupaten Sanggau, dan Nanga Badau di Kabupaten Kapuas Hulu.

Kepala Dinas Perhubungan Kalbar Manto Saidi menjelaskan penutupan resmi sudah disampaikan ke bupati dan administrator di masing-masing daerah melalui surat Gubernur Kalbar, Nomor 193/0868/BPPD-A, tertanggal 18 Maret 2020.

"Kami tutup pintu masuk bagi semua warga Indonesia yang akan keluar dan masuk ke wilayah Kalbar," ujar Manto.

Namun untuk warga negara asing yang akan keluar ke Malaysia masih dipersilahkan.

"Kejadian luar biasa ini ditetapkan karena adanta dua kasus positif Covid-19," kata Sekretaris Daerah Kalbar Al Leysandri saat konferensi pers, Rabu (18/3/2020).

Saat ini pihak provinsi telah membentuk Gugus Tugas Pengendalian dan Pencegahan Wabah Corona Provinsi Kalbar dengan Sekda sebagai ketua.

"Gugus tugas yang dibentuk akan segera merumuskan formula kebijakan teknis agar wabah tersebut bisa diputus mata rantainya," ucapnya.

Dalam beberapa waktu ke depan, 14 kabupaten dan kota di Kalbar akan menyusul menerapkan status KLB di daerah masing-masing.

"Pengendalian dan pencegahan virus corona harus dilakukan bersama-sama. Tujuannya agar semua serius melakukan pengendalian dan pencegahan,” ujarnya.

Kepala Dinkes Kalbar Harrison mengatakan, masing-masing pasien yang positif diisolasi di RSUD Soedarso Pontianak dan RSUD Abdul Azis Singkawang.

"Kondisi mereka dikabarkan semakin membaik," kata Harrison, Selasa (17/3/2020).

Sementara sembilan pasien yang diisolasi terdiri dari empat pasien di RSUD Soedarso Pontianak, dua pasien di RSUD Abdul Azis Singkawang, satu pasien di Rumah Sakit Pemangkat dan dua pasien di RSUD Kabupaten Sambas, Kalbar.

"Mereka sembilan pasien ini masih menunggu hasil uji laboratorium," ujarnya.

Sedangkan 284 pasien berstatus ODP masing-masing ada 81 orang di Kota Pontianak, 46 orang di Kabupaten Sanggau, 124 orang di Kabupaten Sintang, 14 orang di Kabupaten Kubu Raya, 17 orang di Kabupaten Sambas dan satu orang di Kabupaten Kapuas Hulu, Kalbar.

SUMBER: KOMPAS.com (Penulis: Hendra Cipta | Editor: Dony Aprian)

https://regional.kompas.com/read/2020/03/19/05450051/kalbar-klb-corona-3-pos-lintas-batas-negara-indonesia-malaysia-ditutup

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke