Salin Artikel

RSUD Kardinah Kota Tegal Isolasi Dua Pasien PDP Virus Corona

TEGAL, KOMPAS.com - Seorang Tenaga Kerja Indonesia (TKI) asal Kota Tegal dan seorang pelajar warga Kabupaten Pemalang, Jawa Tengah, berstatus Pasien Dalam Pengawasan (ODP) virus corona diisolasi RSUD Kardinah Kota Tegal, Senin (16/3/2020).

Keduanya dicurigai terpapar virus corona setelah mengalami demam, batuk dan sesak nafas. 

Direktur RSUD Kardinah Heri Susanto mengatakan, warga Tegal berusia 34 tahun itu baru pulang bekerja di pertambangan minyak di Dubai, Uni Emirat Arab.

"Dalam perjalanan panas, batuk dan sesak nafas. Setiba di Stasiun Kota Tegal, sekitar pukul 02.00 WIB Senin (16/3/2020) langsung dibawa ke ruang isolasi, belum sampai rumah," kata Heri di Balai Kota Tegal, Senin (16/3/2020).

Sementara satu pasien lainnya seorang pelajar, dirujuk dari rumah sakit di Pemalang.

"Pelajar yang usianya 17 tahun ini baru pulang bepergian dari Bali," kata Heri.

Heri menyebut, saat ini Satgas Tim Penanganan Covid-19 tengah menelusuri riwayat siapa saja orang yang kontak dengan keduanya.

"Tadi pak Wali Kota Dedy Yon meminta investisasi termasuk ke Dinas Perhubungan agar mencari tahu pasien yang dari Dubai, pulang ke Tegal dari Jakarta menggunakan kereta apa dan kontak dengan siapa saja," kata Heri.

Heri mengatakan, sejak wabah corona merebak pertama kali di China, RSUD Kardinah setidaknya sampai sekarang merawat lima pasien sejak Februari 2020.

Tiga di antaranya diperbolehkan pulang karena negatif corona.

"Sementara dua pasien PDP ini baru menjalani rontgen dan laboratorium. Kita juga akan mengirim hasil swab tenggorokan ke Balitbang Kemenkes RI untuk memastikan negatif atau positif corona," kata Heri.

Disampaikan Heri, RSUD Kardinah sebagai salah satu rumah sakit rujukan di Pantura barat Jawa Tengah akan menambah satu ruangan isolasi.

"Sementara baru tiga. Kalau nanti kurang kita sudah koordinasi dengan rumah sakit swasta yang memenuhi standar isolasi," pungkasnya.

https://regional.kompas.com/read/2020/03/16/14514621/rsud-kardinah-kota-tegal-isolasi-dua-pasien-pdp-virus-corona

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke