Salin Artikel

Kina Diteliti Sebagai Obat Virus Corona, PPTK Gamboeng Siapkan Bahan Baku

Kina ramai diperbincangkan karena kandungan kloroquin fosfat dalam ekstrak kulit batang, cabang, dan ranting pohon kina dianggap mampu mengobati virus corona.

“Kami siap melakukan penelitian bersama,” ujar Dadan saat dihubungi Kompas.com melalui telepon seluler, Jumat (13/3/2020).

Dalam riset nanti, pihaknya menyediakan bahan baku kina. Di Gamboeng sendiri, ada 4 hektare lahan yang ditanami kina.

Sedangkan di Jawa Barat, potensi kina terbilang besar. Menurut catatan Badan Pusat Statistik tahun 2018, jumlah kina di Jabar mencapai 683 hektare yang tersebar di berbagai tempat.

“Sebanyak 16 peneliti kami bisa dilibatkan. Kami juga bisa mengajak berbagai stakeholder yang selama ini bekerjasama dengan kami untuk terlibat,” tuturnya. 


Penelitian bersama

Saat ini, ia baru berkomunikasi dengan Unpad melalui Guru Besar Bidang Farmakologi dan Farmasi Klinik Unpad, Keri Lestari.

Kemungkinan pihaknya akan segera bertemu dengan Gubernur Jabar Ridwan Kamil dan peneliti lainnya untuk segera mengeksekusi rencana penelitian bersama.

“Misal, kami menyediakan bahan bakunya. Unpad memiliki banyak ahli untuk uji analisis,” ungkapnya.

Sebelumnya, Gubernur Jabar Ridwan Kamil meminta perguruan tinggi bersama akademisi di Jabar membuat kajian soal manfaat klorokuin fosfat yang berbahan dasar kina bisa menjadi obat virus corona.

Dorongan ini muncul setelah pihaknya mendapatkan informasi bahwa kina asal Jawa Barat memiliki kandungan yang sama dengan klorokuin yang menurut hasil riset di China sudah berhasil menyembuhkan 100 pasien corona di Wuhan.

"Saya mendengar kabar baik ini kalau bahan untuk obat corona itu ada di Indonesia, tepatnya di Jawa Barat, saya akan lihat kajiannya, sudah sejauh mana," tuturnya.

https://regional.kompas.com/read/2020/03/13/12331601/kina-diteliti-sebagai-obat-virus-corona-pptk-gamboeng-siapkan-bahan-baku

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke