Salin Artikel

Pihak RSUD Padang Sidempuan Dikritik soal Penanganan Pasien yang Diduga Corona

Z melaporkan adanya pelayanan yang tidak sesuai terhadap dirinya saat menjadi pasien dengan dugaan menderita Corona di rumah sakit tersebut.

Pendiri Lembaga Perlindungan Anak dan Perempuan Burangir Timbul Simanungkalit berjanji akan membantu memulihkan nama baik Z yang identitasnya sempat menyebar sebagai penderita Corona.

Timbul menilai, RSUD Kota Padang Sidempuan belum siap menjadi salah satu rumah sakit rujukan yang ditunjuk Kementerian Kesehatan untuk menangani pasien suspect virus corona maupun positif Covid-19.

"Saya akan membantu Z agar nama baik dan perlakuan yang dialaminya dapat menjadi atensi pihak Pemerintah Kota Padang Sidempuan. Apalagi, saat Wali Kota Padang Sidempuan Irsan Efendi Nasution datang ke rumah Z, Wali Kota tidak menyampaikan permohonan maaf dan Z merasa kecewa soal itu," kata Timbul kepada Kompas.com, Selasa (10/3/2020).

Selain itu, menurut Timbul, kejadian yang dialami Z menjadi bukti bahwa Pemkot Padang Sidempuan belum siap menghadapi virus corona.

"Terbukti tim penanganan Corona yang saat itu masih belum terbentuk. Kemudian kesiapan dan pelayanan petugas medis menangani pasien, rontgen rusak. Padahal, gejala suspect adalah pneumonia yang dibuktikan foto rontgen paru," ucap Timbul.


Timbul menilai, selain kesalahan prosedur standar, kesiapan RSUD Kota Padang Sidempuan juga kurang baik.

"Juga kesalahan pihak RSUD yang diduga membocorkan surat rujukan pasien hingga viral sampai menimbulkan kepanikan di masyarakat. Juga statement Kepala Dinas Kesehatan yang melanggar kode etik kedokteran, padahal dia bukan dokter, namun menyebut identitas pasien," kata Timbul.

Sebelumnya, Z mengaku keberatan atas perlakuan pihak RSUD hingga Dinas Kesehatan Kota Padang Sidempuan.

Pasalnya, identitasnya viral setelah surat dokter yang merujuknya malah viral di media sosial.

Sementara, surat rujukan itu berisi keterangan bahwa dia diduga terjangkit virus corona.

Ada juga pernyataan Kepala Dinas Kesehatan yang menyebut identitasnya sebagai pasien yang diduga mengidap Covid-19 yang menyebar di media sosial.

Tak cuma itu, Z juga merasa penanganan rumah sakit kurang baik terhadap dirinya.

https://regional.kompas.com/read/2020/03/11/16103031/pihak-rsud-padang-sidempuan-dikritik-soal-penanganan-pasien-yang-diduga

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke