Salin Artikel

Antisipasi Corona, RSUD Tidar Kota Magelang Siagakan 10 Ruang Isolasi

MAGELANG, KOMPAS.com - Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Tidar Kota Magelang, Jawa Tengah, menyiagakan puluhan ruang isolasi untuk merawat pasien suspect virus corona. 

Kepala Bidang Pelayanan Medik RSUD Tidar Kota Magelang Nofi Ahyana mengatakan, sebagai rumah sakit rujukan yang ditunjuk Kementerian Kesehatan memiliki 10 ruang isolasi berstandar internasional.

"Ruang isolasi sudah. Kita khususkan untuk menerima pasien PDP, atau pasien dalam pengawasan covid-19," ujar Nofi, kepada wartawan di RSUD Tidar Kota Magelang, Selasa (3/3/2020).

Dia mengaku, ruang isolasi tersebut telah disiagakan sejak pertengahan bulan Januari 2020 lalu.

Selain itu, pihakya memiliki fasilitas dan tenaga medis telah terbukti merawat pasien yang diduga terjangkit virus flu burung (H5N1) pada 2007 silam.

"Jadi sejak saat itu lah kami siap sebagai RS rujukan untuk penyakit infeksi emerging. Salah satunya adalah COVID-19. Dengan itulah harus selalu siap setiap saat, apabila ada penyakit infeksi emerging, termasuk COVID-19," tuturnya.

Secara adminstrasi, lanjut Nofi, RSUD Tidar Kota Magelang juga memiliki tim khusus untuk Penyakit Infeksi Emerging. Standar Operasional Procedure (SOP) dan alur sudah dipersiapkan. 

"Kita sudah mengadakan sosialisasi dan latihan bagi seluruh SDM kita. Untuk sarana dan prasarana sudah siap. Sejak pasien diterima di UGD," imbuh Nofi. 

https://regional.kompas.com/read/2020/03/03/18441321/antisipasi-corona-rsud-tidar-kota-magelang-siagakan-10-ruang-isolasi

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke