Salin Artikel

Ada Sarang Tawon Vespa Raksasa di Atap Rumah Warga, Petugas Damkar Kesulitan Musnahkan

Petugas sempat mengalami kesulitan mengingat ukuran sarangnya yang cukup besar dan melekat pada plafon atap loteng rumah milik warga bernama Ayi tersebut.

"Panjangnya 1 meter, lebar 0,5 meter, dan tinggi 50 sentimeter," kata petugas tim Animal Rescue Damkar Cianjur, Daryana kepada Kompas.com, Jumat malam.

"Penanganannya membutuhkan waktu 1 jam karena sarangnya cukup besar. Ini rekor (sarang ukuran besar) yang kedua sepanjang tahun ini kita melakukan penanganan."

Untuk menghindari serangan tawon yang memiliki sengatan mematikan itu, petugas menutup setiap lubang pada sarang tempat keluar masuk tawon dengan busa.

"Selanjutnya, kita semprot dengan bensin untuk melumpuhkan tawon yang ada di dalamnya,” ujar dia.

Sepanjang tahun ini, tim Animal Rescue Damkar Cianjur telah mengevakuasi 65 sarang tawon di berbagai lokasi di Cianjur. 

Disebutkan, penanganan dilakukan harus malam hari untuk melokalisir tawon di dalam sarang.

"Jika masyarakat di lingkungannya menemukan sarang tawon seperti ini silakan langsung hubungi kita. Karena damkar ini tugasnya bukan hanya penanganan kebakaran saja, namun juga ada tim animal rescue-nya juga," kata Daryana.

Pemilik rumah, Ayi (45) menyebutkan, sudah mengetahui ada sarang tawon di rumahnya sejak sebulan lalu.

Saat dicek dan ditanyakan ke warga ternyata tawon jenis Vespa affinis yang membahayakan dan sudah merenggut korban jiwa diberbagai daerah.

"Waktu itu, otomatis toren air mati. Pas saya cek ternyata ada sarang tawon. Awalnnya ada (sarang) di bawah, karena masih kecil lalu saya musnahkan, ternyata pindah ke loteng," kata dia.

Ayi kemudian melapor ke perangkat RT setempat dan ditindaklanjuti pelaporan ke unit Animal Rescue Damkar Cianjur untuk dilakukan penanganan.

"Alhamudulilah bisa tertangani. Karena khawatir juga. Apalagi sudah ada warga sini yang sudah kena sengatan, tapi bukan dari sarang ini, di RT sebelah," ucapnya.

https://regional.kompas.com/read/2020/02/16/08544211/ada-sarang-tawon-vespa-raksasa-di-atap-rumah-warga-petugas-damkar-kesulitan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke