Salin Artikel

Cuaca Buruk di Tasikmalaya Sebabkan Rumah Ambruk dan Pohon Tumbang, 1 Anak Luka

Satu rumah warga di Jalan Buninagara II Kelurahan Argasari Kecamatan Cipedes Kota Tasikmalaya ambruk dan pohon berumur puluhan tahun tumbang di wilayah Kecamatan Indihiang akibat cuaca buruk tersebut.

Seorang anak berinisial R berumur sekitar 12 tahun tertimpa runtuhan rumah ambruk karena berupaya menyelamatkan adiknya yang masih balita sampai mengalami luka-luka ringan di tubuhnya.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Daerah (BPBD) Kota Tasikmalaya, Ucu Anwar mengatakan, pihaknya menerima laporan kejadian rumah ambruk pada Rabu petang kemarin.

Saat kejadian, kondisi cuaca di sebagian besar wilayah Kota Tasikmalaya terjadi hujan dengan intensitas tinggi disertai angin kencang.

"Kebetulan kami sedang patroli. Ketika ada informasi, kita langsung ke lokasi dan melakukan evakuasi, penanganan, dan membawa korban luka ke puskesmas. Selain rumah ambruk, akibat cuaca buruk satu pohon berumur tua tumbang tapi tak membahayakan warga," jelas Ucu kepada wartawan di kantornya, Kamis pagi.


Satu anak terluka, lindungi adik yang masih balita

Menurut Ucu, sesuai hasil pengecekan di lokasi kejadian, atap rumah itu ambruk disebabkan tembok di samping rumah tersebut roboh sebagian. Material tembok itu menimpa genting rumah milik keluarga korban dan menimpa penghuni di dalamnya.

Menurut dia, korban luka disebabkan tertimpa material atap rumah. "Korban itu kakaknya yang melindungi adiknya yang masih balita dari runtuhan atap rumah ambruk," tambah Ucu.

Selain melakukan evakuasi, BPBD juga memberikan kebutuhan dasar kepada korban seperti sembako. Pihaknya pun membawa terpal untuk digunakan menutup atap yang rusak, sehingga barang-barang yang terdapat di dalam rumah aman dari hujan.

Untuk sementara, keluarga yang tertimpa bencana itu diimbau untuk mengungsi dulu ke rumah tetangganya. Sebab, kondisi rumah yang ada dinilai tak aman untuk ditempati. "Tadi saya lihat di sini juga sudah banyak aparat, jadi korban aman diungsikan sementara," ujarnya.

Sementara itu, orang tua korban, Ana (32) mengatakan, kejadian itu terjadi sekitar pukul 17.00 WIB Rabu (12/2/2020) kemarin. Ketika itu, ia sedang beristirahat bersama dua anaknya berada di dalam kamar.

"Tiba-tiba atap ambruk. Anak saya yang pertama terkena atap yang ambruk, yang kedua tidak apa-apa," ungkap Ana.


Pemkot Tasikmalaya jamin perbaikan rumah korban

Saat ini, dirinya bersama anak-anaknya terpaksa mengungsi ke tetangga karena rumahnya sedang diperbaiki.

"Kami mengungsi dulu, karena malam tadi ada Pak Wali Kota berkunjung dan akan memperbaikinya," tambah Ana. 

Dikonfirmasi terpisah, Wali Kota Tasikmalaya Budi Budiman, membenarkan kalau korban rumah ambruk dijamin oleh pemerintah daerah untuk perbaikannya.

Pihaknya telah berkoordisi dengan Kodim TNI setempat untuk segera memperbaiki rumah ambruk tersebut.

"Ya, malam saya cek ke sana. Kita akan perbaiki segera rumah Ibu Ana yang ambruk akibat hujan deras kemarin," singkat Budi. 

https://regional.kompas.com/read/2020/02/13/12561921/cuaca-buruk-di-tasikmalaya-sebabkan-rumah-ambruk-dan-pohon-tumbang-1-anak

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke