Salin Artikel

85 Siswa di Boyolali Keracunan Usai Santap Jajanan dari Kantin Sekolah

Para siswa mengeluh perutnya mual dan muntah-muntah seusai menyantap makanan tersebut.

Kasubbag Humas Polres Boyolali, AKP Eddy Lillah mengatakan, peristiwa itu terjadi pada waktu istirahat sekolah sekitar 10.00 WIB.

Sekitar 12.00 WIB pada saat istirahat kedua untuk makan siang, siswa mulai mengalami gejala mual dan muntah-muntah.

Siswa yang mengalami mual tersebut semakin lama bertambah banyak.

"Siswa yang mengalami keracunan makanan dibawa ke Puskesmas Banyudono II oleh pihak Polsek Banyudono dan pihak sekolah untuk mendapatkan pertolongan kesehatan. Ada 85 siswa yang dibawa ke Puskesmas," kata Eddy, Rabu.

Setelah dibawa ke Puskesmas, ada 25 siswa terdiri 21 siswa SDIT dan 4 siswa SMPIT dirujuk ke RSUD Boyolali maupun rumah sakit lainnya.


Sedangkan sampel makanan yang diduga sebagai penyebab siswa keracunan dibawa tim Laboratorium Dinas Kesehatan Boyolali dan Sat Reskrim untuk penyelidikan lebih lanjut.

"Upaya penyelidikan dan penelitian penyebabnya keracunan akan tetap dilakukan dengan bantuan pihak terkait dan Labfor Polda Jateng dengan mengambil sampel bahan makanan," ungkapnya.

Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Boyolali, dr Sherly Jeane Kilapong mengatakan sudah mengambil sampel makanan yang membuat siswa keracunan.

"Sampel makanan kita ambil untuk penelitian di laboratorium," terang dia.

https://regional.kompas.com/read/2020/02/05/20584951/85-siswa-di-boyolali-keracunan-usai-santap-jajanan-dari-kantin-sekolah

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke