Salin Artikel

Akhirnya, Pemda Akan Bangun Rumah Layak bagi Pria yang 10 Tahun Tinggal di Goa

Hal itu disampaikan Wali Kota Baubau AS Thamrin saat mengunjungi La Udu di dalam goa yang berada di tepi pantai di Kelurahan Kadolomoko, Kecamatan Kokalukuna, Selasa (4/2/2020) sore. 

“Nanti Dinas Perumahan akan menyiapkan untuk bedah rumah dengan membangunkan rumah yang sederhana. Kita akan dekatkan dengan laut sebagai mata pencariannya,” kata AS Thamrin saat berbincang dengan La Udu, Selasa.

Selain membuatkan rumah, Wali Kota juga akan memasukkan La Udu bekerja di Dinas Kebersihan sebagai penyapu jalanan sehingga dapat menerima gaji setiap bulannya.

“Kadis Sosial yang akan memfasilitasi makanan seperti beras dan mi, serta tikar sementara. Tapi kembali lagi dari Pak La Udu, semangatnya juga harus ada untuk berinteraksi dengan masyarakat lain,” ujarnya.  

AS Thamrin datang langsung ke goa tempat tinggal La Udu dengan menggunakan longboat milik warga.

Ia melihat langsung tempat tidur La Udu yang berada di sela bebatuan dan juga tempat memasaknya yang tak jauh dari tempat tidurnya.  

“Keheranan juga, tapi melihat suasananya di sini, karena memang beliau ini mata pencariannya adalah nelayan. Saya juga prihatin. Saya baru baca di medsos, saya sudah panggil lurahnya, tapi dia belum tahu, saya bilang pergi cek dulu,” ucap AS Thamrin. 


Esok hari, Rabu (5/2/2020), pemerintah daerah akan mengevakuasi La Udu serta mencarikan tempat tinggal sementara sambil menanti rumahnya dibangun. 

Pria paruh baya ini sengaja memilih tinggal di dalam goa karena tak punya rumah dan tak ingin menyusahkan keluarganya yang lain.

Lokasi goa tempat tinggal La Udu berada di tepi pantai Kelurahan Kadolomoko, Kecamatan Kokalukuna, Kota Baubau. 

Untuk menuju ke tempat tinggalnya, harus menggunakan perahu sampan karena lokasinya tepat di bawah tebing bebatuan.

Setiap harinya La Udu hanya makan ubi dan makan makanan tradisional Buton.

Ia tidur di sela bebatuan yang beralaskan pecahan perahu.

https://regional.kompas.com/read/2020/02/04/18005131/akhirnya-pemda-akan-bangun-rumah-layak-bagi-pria-yang-10-tahun-tinggal-di

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke