Salin Artikel

RSUD Kardinah Tegal Isolasi Pasien yang Demam Setelah Bertemu Teman dari China

Pasien ini mengeluh sudah demam, pilek, batuk, dan sesak nafas selama empat hari. Dia mengaku sempat bertemu dengan seorang teman dari yang baru pulang China di Jakarta.

Direktur RSUD Kardinah Heri Susanto mengatakan, pasien itu langsung diisolasi setelah dirujuk dari Puskesmas Margadana pada Senin (3/2/2020) sekitar 13.00 WIB.

Petugas yang menanganinya juga telah menggenakan pakaian khusus.

"Tiga minggu lalu dia baru bertemu temannya yang baru pulang dari China," kata Heri.

"Memang diduga (corona). Namun belum bisa dipastikan positif. Masih harus observasi," sambungnya.

Heri menyebutkan, pasien ini akan diisolasi selama 14 hari. Menurutnya, setelah jangka waktu itu baru bisa dipastikan warga Tegal itu terinfeksi corona atau tidak.

Sementara itu pantauan Kompas.com di RSUD Kardinah, Senin (3/2/2020) malam, tampak dua Satpam berjaga di ruang perawatan yang di dalamnya terdapat tiga ruang isolasi.

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinkes Kota Tegal, Yuli Prasetya, mengatakan, pasien dengan gejala awal seperti mirip influenza memang harus segera mendapat perawatan medis khusus.

"Karena penyebaran Corona ini sudah masuk peringatan kesehatan dunia. Jadi sebagai langkah deteksi dini. Namun yang jelas masih harus menunggu waktu hingga 14 hari ke depan untuk bisa memastikan," pungkas Yuli.

https://regional.kompas.com/read/2020/02/03/22354411/rsud-kardinah-tegal-isolasi-pasien-yang-demam-setelah-bertemu-teman-dari

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke