Salin Artikel

Siap Berangkat ke Natuna, Nelayan Pantura Minta Diberi Harga Solar Khusus

Meski sudah siap, para pemilik kapal berharap ada kebijakan khusus mengenai harga solar.

Pasalnya, kebutuhan melaut untuk satu kapal di atas 100 gross tonnage (GT) menuju Natuna membutuhkan puluhan ton solar.

Salah satu tokoh nelayan dan pemilik kapal di Kota Tegal, Tambari, mengatakan perjalanan ke Natuna membutuhkan biaya akomodasi yang lebih besar.

"Terkait nelayan yang akan ke Natuna, memang kami berharap agar BBM solar ada harga khusus. Karena memang cukup jauh," kata Tambari, saat dihubungi Kompas.com, Kamis (30/1/2020).

Selain itu, nelayan Pantura belum berpengalaman mencari ikan sampai ke Natuna. Sehingga nelayan meminta ada pendampingan dari pemerintah saat perjalanan.

"Selain jauh wilayah penangkapan perikanan, juga nelayan Tegal belum terbiasa melaut sampai ke Natura utara," pungkas Tambari.

Sebelumnya, 22 kapal telah lolos identifikasi dari Tim Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) untuk diberangkatkan ke Natuna.



Ketua Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI) Kota Tegal, Jawa Tengah, Riswanto mengatakan, nelayan tengah bersiap segala sesuatunya, termasuk perbekalan, dan biaya akomodasi lainnya.

Rencananya satu kapal diisi sekitar 25 orang.

Untuk kapal di atas 100 GT, kata Riswanto, biasanya membutuhkan solar sekitar 50 ton untuk sekali melaut selama dua bulan.

"Tapi kami mengestimasi perjalanan saja dari Tegal menuju Natuna sekitar 7 hari. Pulang pergi sekitar 14 hari, berikut mencari ikan di Natuna sekitar 2 bulan. Estimasi kebutuhan solar lebih banyak sekitar 80 ton," ujar Riswanto, kepada Kompas.com, Rabu (22/1/2020).

Riswanto berharap ada harga khusus untuk solar tidak menggunakan harga BBM industri yang biasa dibeli.

"Kalau aturanya memang solar subsidi untuk kapal di bawah 30 GT. Ya harapanya bukan subsidi, tapi ada harga khusus untuk sedikit meringankan beban biaya," kata Riswanto.

https://regional.kompas.com/read/2020/01/30/13483601/siap-berangkat-ke-natuna-nelayan-pantura-minta-diberi-harga-solar-khusus

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke