Salin Artikel

Tim SAR Perpanjang Pencarian KM Panji Saputra yang Hilang di Laut Maluku

AMBON,KOMPAS.com-Pencarian terhadap kapal Panji Saputra yang hilang di Perairan Maluku kembali diperpanjang tim SAR.

Kesepakatan memperpanjang pencarian terhadap kapal tersebut setelah Basarnas Ambon menggelar rapat evaluasi bersama Kodam Pattimura terkait pencarian kapal nahas itu.

“Hasil rapat evaluasi bersama Kodam Pattimura Sabtu sore kemrin, pencarian kapal Panji Saputra diperpanjang tiga hari lagi,” kata Kepala Basarnas AmbonMuslimin kepada Kompas.com, Minggu (25/1/2020).

Muslimin mengatakan, perpanjangan waktu pencarian kapal Panji Saputra itu dilakukan karena tim SAR telah menemukan tanda-tanda selama proses pencarian.

Tanda-tanda yang dimaksud yakni adanya penemuan 8 drum avtur, penutup dek kapal, dan sejumlah barang milik salah satu anggota TNI yang ikut berlayar bersama kapal tersebut.

“Tujuh hari pencarian sudah dilakukan dan kita menemukan ada tanda-tanda sehingga rapat evaluasi diputuskan untuk memperpanjang lagi selama tiga hari,” katanya.

Dia mengaku, selama tiga hari pencarian nanti, pihaknya bersama potensi SAR lainnya akan lebih fokus melakukan pencarian di peraiaran Pulau Tayando, Maluku Tenggara.

Di perairan inilah tim SAR menemukan delapan drum avtur milik kapal tersebut.

“Fokus kita di Perairan Tayando Maluku Tenggara,” ujarnya.

Kapal Panji Saputra diketahui memiliki panjang 10 meter dan lebar 2 meter.  

Kapal ini bertolak dari Ambon menuju Saumlaki dan Moa, Kabupaten Kepulauan Tanimbar, pada sejak 7 januari 2020 lalu dengan mengangkut 25 drum avtur.

Sesuai jadwal, kapal tersebut seharusnya sudah tiba di tempat tujuan pada 11 Januari 2020, namun kapal tersebut tidak juga sampai di tempat tujuan.

Kapal tersebut membawa empat orang anak buah kapal dan dua penumpang yang merupakan anggota TNI. 

Keempat ABK tersebut yakni La Mufik, La Jau, Ongki, dan Muhamad Junianto sedangkan dua anggota TNI yang ikut berlayar dengan kapal itu yakni Serda Aswadin Amin dan Pratu Midun. 

https://regional.kompas.com/read/2020/01/25/11151881/tim-sar-perpanjang-pencarian-km-panji-saputra-yang-hilang-di-laut-maluku

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke