Salin Artikel

Gempa Tektonik Getarkan Dataran Tinggi Dieng, Masyarakat Diminta Tetap Tenang

Kepala Stasiun Geofisika Banjarnegara Setyoajie Prayoedhie mengatakan, berdasarkan hasil analisa Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menunjukkan gempa bumi memiliki kekuatan berkekuatan 1,4 magnitudo.

Pusat gempa bumi terletak pada koordinat 7,25 LS dan 109.91 BT atau tepatnya berlokasi di darat pada jarak 12 kilometer arah utara Wonosobo dengan kedalaman 5 kilometer.

"Guncangan gempa bumi ini dirasakan oleh beberapa orang di Pos Pengamatan Gunung Api Dieng. Benda-benda ringan yang digantung bergoyang," kata Setyoajie melalui keterangan tertulis, Selasa sore.

Setyoajie mengatakan, hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempa bumi tersebut.

"Hingga hari pukul 15.30 WIB, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempa bumi susulan," ujar Setyoajie.

Setyoajie mengimbau kepada masyarakat agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

"Agar menghindari dari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan oleh gempa. Periksa dan pastikan bangunan tempat tinggal cukup tahan gempa bumi, ataupun tidak ada kerusakan akibat getaran gempa yang membahayakan kestabilan bangunan sebelum kembali ke dalam rumah," kata Setyoajie.

https://regional.kompas.com/read/2020/01/20/16174061/gempa-tektonik-getarkan-dataran-tinggi-dieng-masyarakat-diminta-tetap-tenang

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke