Salin Artikel

Ini 5 Faktor yang Sebabkan Longsor di Sukajaya Bogor Menurut PVMBG

Kepala PVMBG Kasbani menyebutkan ada beberapa faktor penyebab terjadinya pergerakan tanah di Kecamatan Sukajaya, Kabupaten Bogor.

Berikut ulasannya.  

Faktor pertama, kata Kasbani, tanah pelapukan yang bersifat sarang di kecamatan itu dan mudah meloloskan air.

Faktor kedua, bidang lemah berupa kontak antara tanah pelapukan batuan yang lebih segar sebagai bidang gelincir.


Faktor ketiga, kelerengan yang curam bahkan beberapa tempat hampir tegak.

Faktor keempat, di beberapa tempat terlihat kontak endapan gunung api dengan batu lempung (formasi Bojongmanik) dengan bidang perlapisan yang searah dengan kemiringan ke arah sungai.

Longsor di Harkat Jaya, Sipayung, Jayaraharja, Sukamulih, Pasirmadang masuk ke dalam DAS Sungai Cidurian sehingga dampaknya banjir membawa material longsor dan batu di sepanjang Sungai Cidurian dan melanda pemukiman di kanan kiri Sungai Cidurian.

Faktor kelima, curah hujan 301.6 mm dalam satu hari sebagai pemicu.

"Umumnya gerakan tanah itu karena interaksi kondisi geologi dan dipicu oleh curah hujan yang tinggi," kata Kasbani dalam keterangan tertulisnya, Sabtu (18/1/2020).


Pergerakan tanah di Sukajaya akibat tanah lapuk

Kasabani menjelaskan bahwa pergerakan tanah in dikontrol oleh interaksi kondisi geologi dengan sifat tanah pelapukan yang berpori dan mudah luruh jika terkena air.

Selain itu, kemiringan lereng yang terjal sampai sangat terjal dan beberapa tempat hampir tegak.

"Curah hujan tinggi yang mencapai 301,6 mm mengakibatkan peresapan air yang cepat ke dalam tanah sehingga terjadi perubahan tekanan air pori dan berkurangnya kestabilan lereng," jelas Kasbani.

"Peresapan air ini membentuk bidang lemah pada kontak dengan batuan di bawahnya yang lebih segar atau batuan dasar yang kedap air," imbuhnya.

Kondisi tersebut, lanjutnya, ditambah dengan kemiringan yang terjal sampai sangat terjal, mengakibatkan tanah mudah untuk bergerak ke luar lereng dengan bidang gelincir pada kontak dengan batuan dasar yang kedap air yang telah jenuh air.


Material longsor sebabkan sungai Cidurian meluap

Di kampung Sinar Harapan, material longsoran yang bergerak ke luar lereng melanda permukiman yang berada pada lembah di bawahnya.

Longsoran-longsoran pada lereng yang telah bercampur dengan aliran air permukaan kemudian mengalir melalui alur-alur atau anak sungai yang bermuara di sungai Cidurian.

"Banyaknya aliran material longsoran yang bercampur dengan air yang bermuara di Sungai Cidurian mengakibatkan sungai ini meluap dengan membawa material longsoran dan hasil erosi sepanjang alirannya," kata Teddy. 

"Aliran bahan rombakan  ini merusak rumah dan bangunan lainnya di sepanjang aliran sungai." 

https://regional.kompas.com/read/2020/01/19/07404941/ini-5-faktor-yang-sebabkan-longsor-di-sukajaya-bogor-menurut-pvmbg

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke