Salin Artikel

Tali Putus, Jembatan Penghubung Kota Tual dan Maluku Tenggara Ambruk

Jembatan yang sebenarnya masih dalam masa perbaikan itu ambruk kembali lantaran tali penyangga yang terbuat dari baja putus.

“Jembatannya ambruk kemarin sore, itu karena tali penyangga putus tahun lalu juga ambruk jadi ini sementara dalam proses pengerjaan,” kata Abdullah, warga setempat, saat dikonfirmasi Kompas.com dari Ambon, Rabu (15/1/2020).

Dia menilai, robohnya kembali jembatan tersebut disebabkan kurang baiknya kualitas pengerjaan proyek.

”Sebagai warga di sini, kami menyesal karena harus kejadian seperti itu tidak perlu terjadi kalau kontraktornya lebih memperhatikan kualitas pekerjaan,” katanya.

Sebelumnya, jembatan ambruk pada awal Desember 2018. Dalam kejadian itu empat warga yang sedang menyeberang di atas jembatan terluka hingga harus dilarikan ke rumah sakit terdekat.

Proyek pembangunan jembatan tersebut diketahui dikerjakan oleh CV Keramik Jaya dengan konsultan Pengawas yakni PT Yodya Karya. Proyek pengerjaannya menggunakan dana dari APBD senilai Rp 6.285.097.000.

Sehari sebelumnya, Wakil Wali Kota Tual, Usman Tamnge yang meninjau langsung kondisi jembatan tersebut mengaku sangat menyesalkan kejadian itu sebab jembatan tersebut sudah hampir rampung dan diharapkan dalam tahun ini sudah bisa beroperasi.

“Progress-nya sudah 80 persen dan kami sangat berharap pertengahan tahun ini sudah bisa beroperasi lagi ternyata tidak bisa,” katanya.

Dia mengaku, ambruknya jembatan tersebut tentu akan sangat merugikan warga Tual dan juga Maluku Tenggara yang selama ini memanfaatkan jembatan penyeberangan tersebut.

”Kalau sudah seperti ini, otomatis butuh waktu yang lama lagi untuk merampungkannya,” ujarnya.

Sementara itu, kontraktor proyek tersebut, Anreas Rentanubun, mengakui bahwa ada faktor kelalaian yang dilakukan hingga jembatan tersebut ambruk.

Meski begitu mantan bupati Maluku Tenggara ini menjamin akan melakukan perbaikan untuk menghindari rusaknya rangka jembatan yang sebagian telah tercebur ke dalam air.

”Ini kelalaian kami dan kami akan segera memperbaikinya,” ujarnya. 

https://regional.kompas.com/read/2020/01/16/00095471/tali-putus-jembatan-penghubung-kota-tual-dan-maluku-tenggara-ambruk

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke