Salin Artikel

Siswa Ketahuan "Ngelem", Risma Minta Pihak Sekolah Ubah Metode Belajar

Hal itu dikatakan setelah Risma mendapat laporan bahwa ada beberapa siswa tertangkap Satpol PP Surabaya karena kedapatan mabuk menggunakan lem atau ngelem.

"Guru-guru di sini, saya tidak minta mengajari materi terus. Tapi di sela-sela belajar, ada permainan bersama untuk menarik siswa agar fokus," kata Risma di SDN  Krembangan Selatan III, Rabu (15/1/2020).

Menurut Risma, dalam mendidik anak-anak harus selalu ada variasi, agar pembelajaran yang diberikan tidak selalu monoton dan membuat siswa bosan hingga kehilangan konsentrasi.

Selain metode belajar yang harus diubah, Risma juga akan menyiapkan psikolog, karena ia melihat para siswa tidak konsentrasi saat diberi penjelasan.

"Nanti akan didampingi psikolog, tadi pola mengajarnya juga saya minta diuubah untuk membuat anak-anak lebih tertarik, agar dia (siswa) bisa berkonsentrasi," tutur Risma.

Risma menegaskan akan terus memantau kondisi anak-anak di SDN Krembangan Selatan III.

Pasalnya, bukan hanya siswa yang ngelem, menurut Risma, siswa secara keseluruhan bisa kehilangan konsentrasi dan tidak mampu mendengarkan penjelasan dengan baik.

"Satu bulan ke depan nanti akan saya lihat apakah ada perubahan atau tidak," kata Risma.


Di samping itu, Risma juga akan memfasilitasi sarana olahraga agar para siswa memiliki ruang bersama untuk bermain.

Dengan begitu, ia berharap anak-anak tidak sampai salah pergaulan dan terjerumus ke dalam perilaku negatif.

Sebelumnya, Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini mendatangi SDN Krembangan Selatan III, Surabaya, Jawa Timur, untuk memberikan pengarahan kepada para siswa.

Kedatangan Risma ke sekolah tersebut lantaran mendapat informasi bahwa ada salah satu siswa yang diputus oleh pacarnya di media sosial.

Kemudian, siswa yang diputus pacarnya itu ngelem hingga tertangkap oleh Satpol PP.

Namun, saat memberikan pengarahan dan semangat kepada para siswa, banyak siswa yang tak merespons dan mendengarkan penjelasan Risma.

"Agak sulit ini, ini konsentrasi anak-anak rendah. Saya harus bicara dengan para guru di sini. Kalau kalian punya masalah, kalian cerita ke bapak ibu guru. Jangan lari," kata Risma, di hadapan para siswa.

https://regional.kompas.com/read/2020/01/15/14594231/siswa-ketahuan-ngelem-risma-minta-pihak-sekolah-ubah-metode-belajar

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke