Salin Artikel

Curah Hujan Tinggi, Waspada Bencana Alam di Jateng Selatan dan Pegunungan Tengah

Kepala Kelompok Teknisi Stasiun Meteorologi Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Cilacap Teguh Wardoyo mengatakan, ancaman potensi bencana hidrometeorologis di permulaan tahun 2020 masih belum surut.

"Berdasarkan pengamatan cuaca BMKG Ahmad Yani, peningkatan intensitas curah hujan dengan durasi waktu yang lebih lama di wilayah Jateng selatan dan tengah akan terjadi beberapa hari ke depan," kata Teguh saat dihubungi, Kamis (2/1/2020).

Teguh mengatakan, curah hujan dengan intensitas sedang hingga lebat pada periode Kamis-Sabtu (4/1/2020) berpotensi terjadi pada daerah Jateng selatan yang meliputi Cilacap bagian utara, Purworejo bagian utara dan Kebumen.

Hujan dengan intensitas sedang hingga lebat juga berpotensi terjadi di pegunungan tengah yang meliputi Banyumas, Purbalingga, Banjarnegara, Wonosobo, Temanggung, Batang, Kendal bagian selatan dan Magelang.

"Perlu kewaspadaan bagi masyarakat akan potensi dampak lainnya berupa banjir, banjir bandang dan tanah longsor," lanjut Teguh.

Menurut Teguh bencana hidrometeorologis yang terjadi pada awal musim hujan di sejumlah wilayah berupa hujan lebat disertai angin kencang  menyebabkan pohon tumbang, kerusakan rumah dan bangunan lainnya.

https://regional.kompas.com/read/2020/01/02/18305721/curah-hujan-tinggi-waspada-bencana-alam-di-jateng-selatan-dan-pegunungan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke