Salin Artikel

Wapres Ma'ruf: Ironis, Indonesia Masih Jadi Konsumen Produk Halal Terbesar di Dunia

PADANG, KOMPAS.com - Wakil Presiden Indonesia KH Ma'ruf Amin mengatakan, Indonesia harus menjadi produsen produk halal di dunia.

Sebagai negara dengan umat Muslim terbesar di dunia, sudah seharusnya Indonesia mampu menjadi produsen, bukan sebagai konsumen.

"Ironisnya saat ini, Indonesia masih menjadi konsumen produk halal terbesar di dunia," kata Ma'ruf Amin, saat membuka Silaturahmi Kerja Nasional (Silaknas) dan Milad ke-29 Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia (ICMI) di Universitas Negeri Padang, Jumat (6/12/2019).

Ma'ruf Amin mengatakan, 10 persen pangsa pasar produk halal di dunia itu ada di Indonesia dengan total 214 miliar dollar Amerika.

Sementara, produsen produk halal di dunia terbesar dari Brasil dan kemudian diikuti Australia.

"Ini sangat mencengangkan karena negara yang orang Muslim-nya sedikit, bisa menjadi produsen produk halal terbesar," kata Ma'ruf Amin.

Indonesia sebagai negara Muslim terbesar di dunia harus merebut pasar itu dengan menjadi produsen terbesar.

Salah satu caranya, menurut Ma'ruf Amin adalah peningkatan ekonomi syariah di tengah masyarakat.

"Presiden sangat mendukungnya, sehingga revisi Perpu yang mengatur itu segera dilakukan. Ini merupakan komitmen pemerintah," kata Ma'ruf Amin.

Dengan adanya dorongan peningkatan ekonomi syariah, diharapkan industri syariah juga berkembang pesat sehingga keinginan menjadi produsen produk halal terbesar bisa dicapai.

"Perekonomian syariah harus diperkuat, kemudian industri syariah sehingga muncul produk syariah," ujar Ma'ruf Amin.

https://regional.kompas.com/read/2019/12/06/19463591/wapres-maruf-ironis-indonesia-masih-jadi-konsumen-produk-halal-terbesar-di

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke