Salin Artikel

Pada Hari Sumpah Pemuda, 27 Desa di Kepri Terang Benderang

Bertepatan dengan Hari Listrik Nasional (HLN) dan hari Sumpah Pemuda, 28 Oktober 2019, 27 desa tersebut kini bisa menikmati aliran listrik dari PLN Tanjungpinang.

Bahkan ada desa yang sebelumnya hanya mendapatkan aliran listrik dari PLN di malam hari saja, kini sudah bisa merasakan nikmatnya penerangan selama 24 jam.

Surya (37) warga desa Pulau Pinang, Kecamatan Tambelan, Bintan, Kepri mengaku tidak bisa menutupi kegembirannya, pasalnya tanah kelahirannya yang sebelumnya hanya menikmati penerangan dari jenset, saat ini sudah dialiri listrik dari PLN.

Tidak tanggung-tanggung, bahkan listrik yang diberikan bisa dinikmati selama 24 jam full.

"Terimakasih PLN, kini anak kami bisa melakukan aktivitas belajar dimalam hari," kata Surya ditemui di halaman Gedung Daerah Tanjungpinang, Senin (28/10/2019).

Surya mengaku tidak saja memudahkan untuk aktivitas belajar, aliran listrik PLN ini setidaknya membuka keterbatasan informasi warga pulau di Tambelan yang sebelumnya hanya bisa menonton televisi di jam-jam tertentu.

Kali ini bisa kapanpun menonton acara berota di televisi, selain itu juga kaum ibu-ibu bisa lebih kreatif dalam mengolah hasil tangkapan ikan karena sudah bisa mengkonsumsi es batu sendiri.

"Kalau dulukan kami tergantung pada genset, ya palingan pukul 18.00 WIB sampai pukul 24.00 WIB listriknyala, itupun harganya lumayan mahal. Tapi kali inikan tidak, bisa 24 jam kami nikmati dengan harga yang terjangkau," jelasnya.

Senada juga diungkapkan oleh Amel (32) warga Desa Air Glubi, Kecamatan Bintan Timur, Bintan yang mengaku dengan adanya aliran litrik dirinya bisa mengembangkan home industri untuk membantu perekonomian keluarga.

"Kalau dulu siang hati kaminya palingan tidur-tiduran saja sambil nyari kutu, kalau sekrang kami bisa membuat krupuk ikan atau lainnya karena sudah ada aliran listrik untuk membantu memudahkan dari pengelolaannya," kata Amel.

Amel mengaku meski di Bintan pada dasarnya sudah banyak daerah yang diterangi listrik, namun di desanya sudah 15 tahun mengajukan, dan baru saat ini dikabulkan.

"Sehari-hati pakai lampu petromak atau lampu minyak tanah, kalau cukup uang pakai jenset," ungkapnya.

Hari listrik nasional

GM PT PLN (Persero) Unit Induk Wilayah Riau dan Kepri, M  Irwansyah Putra mengatakan penyalaan listrik PLN di 27 desa di 4 kabupaten dan 1 Kota ini merupakan program yang sudah dikerjakan 6 bulan lalu. 

Namun baru saat ini bisa diresmikan karena menunggu rampung semua.

Dan pada peresmiannya juga diaejalankan dengan kegiatan peringatan HLN dan sumpah pemuda ke 91.

Hal ini disampaikan Irwansyah usai meresmikan penyalaan 27 Desa Berlistrik dan 24 Jam Nyala Tambelan di Gedung Daerah Tanjungpinang.

"Ada 27 Desa pada 5 Kabupaten, diantaranya Kabupaten Anambas, Bintan, Karimun, Lingga dan sejumlah pulau di Kota Batam. Bahkan 100 persen Desa Berlistrik Kabupaten Bintan dan Kota Batam serta pengoperasian 24 Jam Nyala di Tambelan," kata Irwansyah.

Daftar 27 desa

27 Desa berlistrik diantaranya Desa Kabur, Desa Pisan, Desa Nyamuk, Desa Telaga Kecil, Desa Air Biru dan Desa Batu Belah serta Desa Belibak di Kabupaten Anambas.

Kemudian di Kabupaten Bintan di Desa Numbing, Desa Air Gubi, Desa Mapur, Desa Mentebung, Desa Pulau Pinang dan Desa Pengkik.

Kabupaten Karimun di Desa Pulau Moro, Desa Kericik dan Desa Sugi. Selanjutnya di Kabupaten Lingga di Desa Benan, Desa Posek, Mentuda, Medang dan Batang.

Terkahir di kota Batam yang berada di Desa Pulau Bintan, pulau Temoyong, Pulau Air Raja, Desa Subang Mas, Desa Pantai Gelam serta Pulau Batu Legong.

Dengan total pembangunan JTM sepanjang 81,22 kms, JTR sepanjang 106,55 kms, gardu terpasang 3.500 KVA, penambahan mesin pembangkit dengan Daya mampu 2.88 MW dan dengan investasi kurang lebih sebesar Rp 62 miliat.

"Untuk Provinsi Kepri progres setelah 100 persen Desa Berlistrik Kabupaten Natuna selesai, kini menyusul Kabupaten Bintan dan Kota Batam sudah 100 persen di bulan ini," jelasnya.

Sedangkan untuk Tambelan sendiri dilakukan penambahan pembangkit sebesar 0.5 MW pada yang rampung di bulan Oktober 2019, sehingga masyarakat Tambelan sudah menikmati listrik 24 Jam.

Bantuan instalasi listrik gratis

Masih dalam rangkaian HLN, PLN memberikan bantuan program One man one hope kepada 4 keluarga di sungai Jang Tanjungpinang.

Yakni bantuan penyambungan listrik dan  pemasangan instalasi  gratis kepada keluarga tidak mampu.

"Bantuan ini didapatkan dari hasil donasi pegawai PLN dan bersama Pemprov Kepri, PLN hadir mendorong tumbuh kembangnya perekonomian masyarakat Kepri," tutup Irwansyah.

https://regional.kompas.com/read/2019/10/28/18380501/pada-hari-sumpah-pemuda-27-desa-di-kepri-terang-benderang

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke