Salin Artikel

Cerita di Balik Kebakaran Pipa Pertamina Cimahi, Satu WNA Tewas hingga Kerahkan 25 Damkar

Dari siaran pers yang diterima media dari PT Jasa Marga Tol Purbaleunyi, insiden itu terjadi pukul 14.00 WIB di lokasi pekerjaan Kereta Cepat Indonesia China (KCIC), tepatnya di KM 130 ruas Padaleunyi jalur A.

Humas PT Jasa Marga Tol Prubaleunyi Nandang Elan mengatakan, kebakaran dipicu oleh bored pile KCIC yang mengenai pipa bahan bakar pertamina yang menghubungkan Bandung-Cilacap.

Ia menjelaskan bahwa pipa section Bandung-Padalarang telah ditutup, sehingga kebakaran relatif menunggu habisnya bahan bakar yang elevasinya lebih tinggi dari lokasi kejadian.

"Upaya tambahan yang sedang diupayakan adalah dengan menyemprotkan chemical pemadam," jelasnya melalui siaran pers tertulis.

"Diduga ada 1 operator alat berat itu," kata Sutarman.

Ia menjelaskan korban merupakan warga negara asing yang sedang bekerja di dekat pipa Pertamina yang terbakar.

Menurutnya, dilihat dari perawakanya, korban yang meninggal seperti warga Negara China.

"Identitasnya belum ada, jenazah masih di TKP belum dapat diambil," kata Sutarman.

Dari data yang dihimpun Kompas.com, korban merupakan warga negara asing yang diduga bernama Li Xuangfeng, pegawai sub kontraktor CREC.

"Kondisinya memang sudah diupayakan dan sudah dikerahkan damkar. 25 damkar sudah turun berupaya memadamkan apinya," ujar Wakil Wali Kota cimahi Ngatiyana, saat diwawancarai KompasTV, Selasa.

Mengutip keterangan resmi Pertamina, kebakaran terjadi pada pipa milik Pertamina yang tengah menyalurkan BBM jenis Pertamina Dex dari Terminal Ujung Berung Ke Padalarang.

“Aliran BBM di pipa tersebut sementara sudah dihentikan dan Pertamina saat ini fokus pada pemadaman dan berkoordinasi dengan dinas pemadam kebakaran setempat,” ujar Unit Manager Communication & CSR PT Pertamina MOR III Dewi Sri Utami dalam keterangan tertulisnya.

"Menginventarisir termasuk kerugian, apa yang dilakukan dan dilaksanakan ataupun yang ada. Sehinga nanti penduduk yang merasa dirugikan akan kami fasilitasi untuk bekerjasama ataupun koordinasi dengan baik," kata Ngatiyana di lokasi kebakaran, Senin (22/10/2019).

Sementara itu berdasarkan pantauan di lapangan, tampak minyak yang keluar dari pipa Pertamina yang bocor mengalir ke pesawahan warga dan selokan di sekitar lokasi.

Setelah berjibaku kurang lebih 4,5 jam api pun akhirnya berhasil dipadamkan petugas Pemadam Kebakaran.

SUMBER: KOMPAS.com (Agie Permadi, David Oliver Purba)

https://regional.kompas.com/read/2019/10/23/06160091/cerita-di-balik-kebakaran-pipa-pertamina-cimahi-satu-wna-tewas-hingga

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke