Salin Artikel

Gaji Bupati Banjarnegara hanya Rp 5,9 Juta, Begini Tanggapan DPRD

Budhi Sarwono mengatakan gaji sebanyak Rp 5,9 juta dinilai terlalu kecil, bahkan lebih kecil dari uang saku anaknya saat plesir ke Bali. Idealnya gaji seorang kepala daerah berada pada kisaran antara Rp 100 juta hingga Rp 150 juta.

Lantas bagaimana tanggapan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD)?

Ketua DPRD Banjarnegara Ismawan Setya Handoko mengatakan, besaran gaji bagi seluruh pejabat maupun pegawai di lingkungan pemkab disesuaikan dengan kemampuan keuangan daerah masing-masing.

"Saya belum bisa bicara banyak. Gaji yang diterima oleh semua unsur yang bekerja di bawah Pemkab Banjarnegara tentunya menyesuaikan kemampuan keuangan daerah kita," kata Ismawan saat dihubungi, Jumat (4/10/2019).

Ismawan mengaku belum melihat unggahan slip gaji yang beredar luas di dunia maya.

"Gaji segitu include semua, sudah include tunjangan dan lain-lain misalnya, take home pay yang dibawa ke rumah atau hanya gaji pokok? Persoalannya saya belum lihat, take home pay atau bukan, saya tidak bisa beri statement panjang," ujar Ismawan.

Diberitakan sebelumnya komponen gaji yang tertera pada slip terdiri dari gaji pokok dan tunjangan. Gaji pokok yang diterima bupati sebanyak Rp 2,1 juta.

Kemudian ditambah tunjangan istri sebesar 10 persen serta tunjangan anak sebesar 2 persen. Gaji tersebut juga termasuk tunjangan jabatan dan tunjangan beras

Totalnya sebanyak Rp 6.114.100 dan dipotong zakat Rp 152.900, sehingga yang diterima sebanyak Rp 5.961.200.

https://regional.kompas.com/read/2019/10/04/11143971/gaji-bupati-banjarnegara-hanya-rp-59-juta-begini-tanggapan-dprd

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke