Salin Artikel

HUT RI, Bendera Merah Putih 74 Meter Dibentangkan Nelayan di Atas Laut

Selain mengibarkan bendera merah putih menggunakan perahu dan sepeda laut, mereka juga membentangkan bendera merah putih sepanjang 74 meter, sesuai usia Indonesia merdeka, dengan megah dan khidmad.

Sebelum upacara dimulai, para peserta upacara diangkut menggunakan perahu dan sepeda laut menuju titik lokasi yang sudah ditentukan.

Tak ada bedanya dengan formasi upacara di darat, formasi upacara bendera di laut ini juga dibentuk menyerupai formasi upacara HUT Kemerdekaan di lapangan luas.

Uniknya, para pengibar bendera merah putih dan juga pembina hingga pemimpin upacara menggunakan sepeda air dalam menjalankan tugasnya.

Upacara di laut, yang baru kali ini digelar nelayan, juga menyita perhatian warga di sepanjang pesisir pantai.

Meski tidak terlibat secara langsung di lokasi upacara, namun warga bisa menyaksikan momentum bersejarah ini dengan leluasa dari pantai di sekitar rumah mereka sampai upacara selesai.

Upacara pengibaran bendera di laut ini berlangsung khidmat, terlihat para peserta tampak antusias mengikuti jalannya upacara bendera hingga usai.

Meski tak pernah latihan atau gladi kotor sebelum upacara dilaksanakan bertepatan dengan pukul 10.00 wita hari ini, namun para peserta bisa menjalankan tugas dengan baik hingga upacara usai layaknya menggelar upacara di daratan bebas.

Nelayan yang juga kelompok pecinta alam Kalpataru Sulbar Basrianto menyebutkan, pihak pelaksana kegiatan upacara ini merupakan salah satu bentuk rasa nasionalisme setiap komponen anak bangsa termasuk masyarakat nelayan di pesisir pantai Polewali Mandar.

“Kegiatan ini kita harapkan bisa menjadi momentum dalam memupuk semangat nasionalisme di kalangan masyarakat termasuk di kalangan nelayan pesisir,” jelas Basrianto.

Unsur pemerintah provinsi selaku inspektur upacara bendera di lautan ini mengapresiasi kegiatan positif yang dilakukan para nelayan dan karang taruna.

“Patut kita apresiasi positif. Saya kira ini adalah bagian dari upaya anak banga dalam memupuk semangat kebangsaan dan nasionalisme di kalangan masyarakat yang bertepatan dnegan HUT proklamasi yang kita oeirngati secara nasional hari ini,” jelas Mustari mula, sang inspektur upacara.

Usai kegiatan upacara digelar, anak anak pesisir pantai mendapatkan bingksian merah putih dari para pemuda karang taruna dan pemerintah setempat.

Masyarakat berharap agar tahun depan pelaksaan upacara di laut kembali dilakukan lebih meriah dan lebih khidmat dalam memupuk semangat nasionalisme di kalangan masyarakat. 

https://regional.kompas.com/read/2019/08/17/15022361/hut-ri-bendera-merah-putih-74-meter-dibentangkan-nelayan-di-atas-laut

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke