Salin Artikel

Cerita di Balik "Driver" Ojol Lulus Cum Laude, "Ngojek" dari Semester V hingga Pakai Jaket Gojek Saat Wisuda

Predikat cum laude berhasil diraih Leony di tengah perjuangannya menyelesaikan kuliah sambil bekerja sebagai seorang pengemudi ojek online.

Sosok Leony yang akrab dipanggil Lele ini juga disebutkan aktif mewakili almamater di sejumlah kompetisi debat. Respons dan komentar positif pun memenuhi unggahan @gizayeolsung.

Berikut fakta dari Leony Sondang Suryani (22):

“Lomba debat hukum sejak semester awal. Jadi tingkat kampus terlebih dahulu, terus turun yang di tingkat nasional,” kata Lele.

Salah satu lomba yang dimenangi Lele dan tim adalah Kompetisi Debat Konstitusi Mahasiswa tingkat nasional pada 2018.

Tim dari Undip terdiri dari 3 mahasiswi, salah satunya Leony, berhasil memengi lomba dan keluar sebagai Juara I.

Leony berhasil menyelesaikan studi di jurusan yang disebut memiliki tingkat kesulitan tersendiri dengan cepat dan mendapatkan predikat cum laude dengan IPK 3,67.

Leony sudah aktif menjadi mitra Gojek sejak semester V. Gadis asal Bogor ini mengaku bekerja menjadi seorang pengemudi ojek online untuk mendapatkan uang tambahan karena sang ayah dalam kondisi tidak sehat.

“Kalau aku sebenarnya dari nge-Gojek ini, selain untuk meringankan, setidaknya tidak meminta uang tambahan yang banyak untuk kegiatan kampus atau perlombaan,” kata Lele, Jumat (9/8/2019) pagi.

Selain untuk membantu keuangan, bekerja menjadi pengemudi ojek online juga sebagai ajang menempa mental Leony.

“Tapi ya di sisi lain, saya anggap ini sebagai cara saya untuk melatih diri saya untuk punya mental yang kuat, itu saja,” ujar dia.

Empat rekan sesama pengemudi Gojek di Semarang juga hadir untuk merayakan hari penting Leony.

Lele mengisahkan, mereka yang hadir merupakan komunitas pengemudi Gojek di Semarang yang berniat datang meramaikan hari kelulusannya.

“Memang itu satu komunitas di Semarang ini. Mereka emang semangatlah ngelihat saya wisuda, jadi ‘Ayo pada dateng ramein wisudanya Mbak Lele’, ya udah mereka dateng,” ujarnya.

Sumber: KOMPAS.com (Luthfia Ayu Azanella)

https://regional.kompas.com/read/2019/08/10/07150031/cerita-di-balik-driver-ojol-lulus-cum-laude-ngojek-dari-semester-v-hingga

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke