Salin Artikel

7 Momen Kedekatan Presiden Jokowi dengan Jan Ethes...

Kabar kehamilan menantu Presiden Joko Widodo (Jokowi) ini ramai menjadi perbincangan di media sosial (medsos) Instagram.

Akun Instagram fans Kaesang Pangarep @kaesangfelicia mengunggah beberapa foto Selvi bersama keluarga tengah menghadiri acara ulang tahun anak pertama Kahiyang Ayu dan Bobby Nasution, Sedah Mirah Nasution.

Dalam foto tersebut ibunda Jan Ethes Srinarendra menjadi sorotan warganet karena memakai pakaian longgar dan terlihat perutnya buncit.

Dikonfirmasi Kompas.com, kakak kandung Iriana Jokowi yang juga Pakde Gibran, Haryanto membenarkan kabar kehamilan Selvi. Hanya saja pria yang akrab dipanggil Pakde Anto ini belum mengetahui umur kehamilan Selvi.

Presiden Jokowi dikenal dekat dengan keluarganya termasuk cucu pertamanya yang bernama Jan Ethes Srinarendra, yang lahir pada Kamis (10/3/2016).

Saat hari libur, tidak jarang Presiden Jokowi mengajak Jan Ethes jalan-jalan di pusat perbelanjaan di Kota Solo.

Bahkan Presiden Jokowi beberapa kali melibatkan Jan Ethes di beberapa kegiatannya.

Berikut 7 momen kedekatan Jokowi dan Jan Ethes yang terekam oleh media:

Jokowi mengajak Jan Ethes mengikuti lomba makan kerupuk bersama para cucu menteri yang lain. Jan Ethes tampak malu-malu di hadapan para pewarta yang memanggil-manggil namanya.

Namun, ia hanya memandangi kerupuk yang tergelantung di hadapannya. Saat lomba dimulai, Ethes tak kunjung memakan kerupuknya.

Ia lalu menggelengkan kepalanya, tanda ia tak ingin melanjutkan lomba.

Saat ditanyai wartawan mengapa Jan Ethes tak ikut lomba, Jokowi hanya berseloroh.

"Mungkin sudah kenyang. Terlanjur kenyang, suruh makan kerupuk enggak mau," ujar Jokowi sembari tertawa.

 

Kehadiran Jan Ethes merebut perhatian publik di Bali. Dengan mengenakan pakaian adat Bali, seperti kemeja putih, destas atau udeng coklat, kemben putih, dan kampuh cokelat, Jan Ethes terlihat lucu dan menggemaskan.

Saat pawai, Jokowi mengajak Jan Ethes untuk melambaikan tangan pada warga dari mobil hias.

Bahkan, Jan Ethes lebih bersemangat melambaikan tangan dengan berdiri di pinggir mobil hias dan dipegangi sang kakek.

 

Jan Ethes, yang mengenakan kaos dan celana pendek, terlihat senang berlarian di pematang sawah. Sesekali gerakannya menarik perhatian karyawan rumah makan yang berkumpul untuk melihatnya dari jauh.

Para pegawai rumah makan kemudian berlarian mendekat ketika Presiden Jokowi memberikan mereka kesempatan untuk berfoto bersama.

Putri Presiden Jokowi dan anaknya, Kahiyang Ayu dan Sedah Mirah, juga turut serta pada kesempatan itu. Jokowi kemudian mengajak Jan Ethes kembali mengitari sawah dan bergabung dengan keluarganya.

Bukan hanya saat makan siang, Jokowi sempat terekam media bermain bola bersama Jan Ethes di Pantai Sanur Bali.

 

Selain bermain beberapa permainan di fun word, Jokowi juga membeli mobil-mobilan untuk Jan Ethes di salah satu toko mainan.

Jokowi lalu membelikan tiga mobil-mobilan untuk Jan Ethes. Setelah itu, Kepala Negara dan Jan Ethes masuk ke fun word.

Keduanya menghabiskan waktu untuk menjajal beberapa permainan.

"Beli mobil-mobilan, beli tiga," ucap Jan Ethes menjawab pertanyaan awak media, Kamis.

Usai puas bermain, Jokowi, Jan Ethes, dan Kaesang Pangarep kembali ke Istana Kepresidenan Gedung Agung. Ketiganya kembali dengan menaiki andong.

 

Keduanya menyaksikan pembagian paket sembako dari dalam pagar Istana Kepresidenan Gedung Agung Yogyakarta.

Usai menyaksikan pembagian paket sembako, Jokowi bersama Jan Ethes berjalan menuju ke halaman Gedung Agung.

Jan Ethes tampak ceria berlari-larian mendahului, meski sesekali kembali lagi mendekati Jokowi. Sang Ayah, Gibran Rakabuming Raka tampak menyaksikan tingkah lucu Jan Ethes dari kejauhan.

Saat sampai di depan para awak media, Jokowi meminta Jan Ethes untuk melayani wawancara. Jan Ethes pun berjalan dan berdiri tepat di depan para awak media.

"Halo, selamat Lebaran ya. Namanya siapa?" tanya salah satu awak media kepada Jan Ethes Jan Ethes pun menjawab pertanyaan awak media dengan lembut. "Ethes," jawab Jan Ethes singkat.

Usai menjawab pertanyaan awak media, Jan Ethes kembali berlari ke arah Presiden Jokowi.

 

Awalnya, Jan Ethes bersama kedua orangtuanya, Gibran Rakabuming Raka dan Selvi Ananda, diajak Jokowi berjalan-jalan di halaman Istana. Jan Ethes tampak gembira saat memberi makan rusa dan ikan.

Setelah selesai memberi makan rusa dan ikan, Jokowi dan Jan Ethes lalu menyapa wartawan. Di hadapan wartawan, Jokowi meminta Jan Ethes bernyanyi lagu Indonesia Raya.

"Coba nyanyi Indonesia Raya," kata Jokowi. Jan Ethes tampak tersenyum malu. Akhirnya, Jokowi yang menyanyikan lagu "Indonesia Raya" di depan wartawan.

"Indonesia, Tanah Airku, tanah tumpah darahku," lantun Jokowi.

Mendengar kakeknya bernyanyi, Jan Ethes pun langsung menunjukkan sikap hormat. Tangan kanannya kemudian diangkat dan menempel ke sisi kepala kanannya.

Melihat itu, Jokowi lalu terus melanjutkan beberapa bait lagu "Indonesia Raya". Jan Ethes masih bersikap hormat sampai Jokowi berhenti bernyanyi.

 

Jokowi didampingi Ibu Negara Iriana, para menteri Kabinet Kerja, Gubernur Jateng Ganjar Pranowo, Forkopimda Jateng, dan Wali Kota Surakarta.

Kedatangan Presiden Jokowi bersama Jan Ethes menarik perhatian para santri.

Sumber: KOMPAS.com (Rakhmat Nur Hakim, Caroline Damanik, David Oliver Purba, Wijaya Kusuma, Ihsanuddin, Labib Zamani, M Wismabrata)

https://regional.kompas.com/read/2019/08/08/05560081/7-momen-kedekatan-presiden-jokowi-dengan-jan-ethes-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke