Salin Artikel

Gunung Tangkuban Parahu Erupsi, Ridwan Kamil Minta Masyarakat Tenang

Pria yang akrab disapa Emil itu mengaku telah berkoordinasi dengan semua elemen untuk memastikan kondisi terkini aktivitas Gunung Tangkuban Parahu. 

“Saya mendapati kabar tentang situasi Tangkuban Perahu, erupsi lokal tapi asapnya mulai terasa ke Lembang. Saya sudah koordinasi BNPD minta untuk berkoordinasi dengan level desa, lurah, kecamatan. Safety harus diutamakan,” kata Emil lewar siaran pers yang diterima wartawan, Sabtu (27/7/2019).

Emil yang saat ini sedang ke Swedia dalam rangka kunjungan dinas, mengimbau agar warga dan wisatawan tak beraktivitas di sekitar kawah meski amplitudo Gunung Tangkuban Parahu terus menurun.

Ia juga mengingatkan masyarakat agar selektif dalam mencerna informasi khususnya di sosial media.

"Harap bersabar dulu dan saya minta untuk tidak panik. Mohon untuk tidak gampang share informasi yang hoaks, cari sumber berita resmi. Pastikan berita itu benar. Kita berdoa semoga erupsinya tidak membesar dan membahayakan,” lanjutnya.

Imbauan serupa diungkapkan oleh Wakil Bupati Bandung Barat Hengky Kurniawan. Dia meminta masyarakat sekitar Lembang, Kabupaten Bandung Barat untuk tetap meningkatkan kewaspadaannya.

“Meski begitu jangan panik, ikuti perintah petugas setempat apabila sewaktu-waktu harus evakuasi,” jelasnya.

https://regional.kompas.com/read/2019/07/27/11311361/gunung-tangkuban-parahu-erupsi-ridwan-kamil-minta-masyarakat-tenang

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke