Salin Artikel

Terkena Abu Gunung Tangkuban Parahu, Warga Sesak Napas hingga Iritasi Mata

Kapolsek Lembang Kompol Sutarman mengatakan mayoritas warga mengalami sesak napas dan iritasi mata.

"15 orang masuk klinik Sespim. Sesak napas, mata perih, sebagian sudah pada pulang," ujar Kapolsek Lembang, Kompol Sutarman kepada wartawan saat ditemui di pos pemantauan PVMBG Gunung Tangkuban Perahu, Jumat (26/7/2019).

Sutarman menuturkan, hingga saat ini kepulan abu sudah tidak terasa. Ia pun berkoordinasi dengan aparat kewilayahan untuk menenangkan masyarakat.

"Di wilayah Lembang udah gak ada abu, hanya di atas sekitaran Gunung Tangkuban Perahu," katanya.

Sementara itu, Kapolres Subang AKBP Muhammad Joni mengimbau masyarakat di wilayah Subang dan Bandung Barat tetap tenang dan mengikuti informasi yang disampaikan kepolisian. Ia mengingatkan agar warga memilah informasi yang beredar di sosial media.

"Informasi hoaks harus disaring dulu, jangan ditelan mentah-mentah. Tidak ada korban jiwa di wilayah Subang dan Bandung Barat," ujarnya.

Ia mengungkapkan saat ini kondisi di sekitar Gunung Tangkuban Perahu relatif sudah kondusif. Jajaran kepolisian dari Polres Cimahi dan Subang pun disiagakan di pos pantau. 

https://regional.kompas.com/read/2019/07/26/20070201/terkena-abu-gunung-tangkuban-parahu-warga-sesak-napas-hingga-iritasi-mata

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke