Salin Artikel

6 Fakta Proyek "Underpass" Kentungan Yogyakarta Ambles, WNA Australia Jadi Korban hingga Proyek Dihentikan Sementara

KOMPAS.com - Polisi akhirnya menghentikan sementara proyek underpass Kentungan di Yogyakarta, pasca-ambles pada hari Selasa (23/7/2019).

Kasat Lantas Polres Sleman AKP Faisal Pratama mengatakan, penghentian itu dilakukan untuk kepentingan penyelidikan dari pihak Polantas dan Reskrim Polres Sleman.

Sementara itu, sejumlah saksi mata menceritakan, sebuah truk dan mobil Land Rover yang tengah berhenti di lokasi kejadian, tiba-tiba terperosok ke dalam lubang galian proyek underpass sedalam 1 meter.

Sopir truk, Ahmad Mujahiddin, mengaku hanya merasakan truknya terguling. Tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut. 

Baca fakta lengkapnya berikut ini:

Mobil Land Rover yang terguling jatuh ke dalam lubang galian underpass Kentungan, Sleman, Yogyakarta, dikendarai oleh warga Australia bernama Michael Rule dan keluarganya.

"Kejadianya begitu cepat, tetapi kami baik-baik saja," ujar Michael Rule (44), warga Negara Australia saat di lokasi, Selasa (23/07/2019).

Hal itu dibenarkan oleh AKP Faisal yang juga segera tiba di lokasi kejadian untuk melakukan penyelidikan. 

"Yang di mobil Land Rover itu warga Australia," ujarnya, Selasa (23/07/2019).

Faisal menuturkan, mobil Land Rover tersebut ditumpangi satu keluarga, ada dua orang dewasa dan satu anak-anak di dalam mobil.

Sementara itu, kondisi pengemudi Land Rover mengalami luka ringan.

Menurut Budi, salah satu karyawan kantori di sekitar lokasi kejadian, peristiwa tersebut terjadi sekitar pukul 10.30 WIB.

Saat itu kendaraan sedang berhenti karena lampu merah di perempatan Ring Road Kentungan.

"Kejadiannya sekitar jam 10.30 WIB," ujar Budi (30), salah satu karyawan yang kantornya tidak jauh dari lokasi kejadian, Selasa (23/07/2019).

Budi menuturkan, saat kejadian dirinya berada di dalam kantor. Tiba-tiba, ia mendengar suara cukup keras.

Ia pun segera keluar dan melihat satu buah truk yang posisinya di samping utara proyek terguling jatuh ke dalam lubang galian underpass.

"Suaranya keras, debu itu sampai membumbung tinggi. Saya lihat itu ada satu truk yang terperosok ke dalam lubang," ungkapnya.

Ahmad menyampaikan, saat sampai di samping proyek underpass Kentungan sisi utara, truk berhenti.

Beberapa kendaraan yang berada di depannya juga berhenti karena lampu merah. Saat berhenti itu, tiba-tiba truk langsung terguling ke arah selatan dan masuk ke lubang galian proyek.

"Ya langsung ambles. Saya tidak merasakan jalan bergoyang, tidak ada tanda-tanda sama sekali. Tiba-tiba langsung miring, jatuh," ujarnya.

Ia juga sempat melihat mobil yang ada berada di depannya tidak lama juga turut terperosok jatuh ke lubang galian proyek.

"Saya manjat keluar dari pintu sisi kiri. Saya tidak luka, tapi tidak tahu yang di dalam mobil," katanya.

Proyek underpass Kentungan, Sleman, sisi barat dihentikan sementara. Hal itu dilakukan untuk penyelidikan dan mengungkap penyebab amblesnya jalan.

"Aktivitas sementara off," ujar AKP Faisal Pratama saat ditemui di lokasi, Selasa (23/7/2019).

Faisal menuturkan, penyelidikan dilakukan guna mengetahui penyebab peristiwa tersebut.

"Masih dalam penyelidikan. Tidak hanya lantas, tapi juga dari reskrim," katanya.

Saat dikonfirmasi soal penyebab terperosoknya dua kendaraan di sisi lubang proyek yang ambles, pihaknya belum bisa menyimpulkan.

Faisal menuturkan, jalan ring road di sisi kanan dan kiri proyek underpass Kentungan memang boleh dilewati, tetapi hanya untuk kendaraan kapasitas kecil.

Menurut Faisal, baik kondisi pengemudi Land Rover dan truk mengalami luka ringan. Tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut. 

"Kategori lukanya, luka ringan ," kata Faisal. Menurut Faisal, korban yang berasal dari Australia ini masih mengalami trauma akibat kejadian tersebut.

Seperti diketahui, kedua pengemudi itu terperosok ke dalam lobang jalan sedalam 1 meter setelah proyek underpass di Kentungan tiba-tiba ambles. 

Kapolres Sleman AKBP Rizki Ferdiansyah membenarkan video yang viral di merupakan kejadian di underpass Kentungan.

"Iya benar," ujar Rizki lewat pesan singkat WhatsApp, Selasa (23/7/2019).
Dalam video tersebut, sebelum terguling, tampak beberapa kendaraan baik roda empat maupun roda dua dalam kondisi berhenti.

Tampak di sisi tepi pembatas proyek sebuah truk dan mobil Land Rover. Tiba-tiba, truk terguling ke dalam lubang galian proyek underpass Kentungan.

Tak selang beberapa lama, mobil Land Rover berwarna putih yang ada di depannya juga ikut miring.

Saat posisi miring itu, seorang perempuan warga negara asing tampak keluar dari pintu depan sebelah kiri. Ia berlari menuju pintu tengah dan bergegas mengambil seorang anak yang ada di kursi tengah.

Sumber: KOMPAS.com (Wijaya Kusuma)

https://regional.kompas.com/read/2019/07/24/07150041/6-fakta-proyek-underpass-kentungan-yogyakarta-ambles-wna-australia-jadi

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke