Salin Artikel

Pulang dari Rumah Sakit, Ini Pesan Dokter untuk Risma

KOMPAS.com - Setelah menjalani perawatan di rumah sakit selama 9 hari, Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini akhirnya diperbolehkan pulang pada hari Rabu (3/7/2019) pukul 12.24 WIB.

Risma keluar dari Gedung Graha Amerta RSUD Dr Soetomo didampingi keluarga dan sejumlah staf dari Pemerintah Kota Surabaya.

Risma juga sempat melambaikan tangan kepada wartawan yang sejak pagi menunggu di rumah sakit.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kota Surabaya dr Febria Rachmanita mengatakan, kondisi Risma sudah sangat baik dan stabil.

Namun, tim dokter meminta Risma untuk tidak bekerja terlalu keras. 

Berikut ini fakta lengkapnya:

Menurut dr Febria Rachmanita, kondisi Risma sudah sangat baik dan stabil setelah bisa dipulangkan. Namun demikian, Risma masih harus banyak istirahat dan tidak bekerja terlalu berat.

Febria menambahkan, sepekan berikutnya, Risma masih harus kontrol lagi ke rumah sakit. Tim dokter akan terus memantau kesehatan Risma.

"Kontrol nanti satu minggu lagi. Kita lihat minggu depan, kalau sudah stabil biasanya berkurang satu bulan. Nanti kita lihat Rabu depan," kata Febria, saat ditemui di Graha Amerta RSUD Dr Soetomo, Surabaya, Jawa Timur, Rabu (3/7/2019).

Menurut dr Febria kondisi Risma sudah baik dan memungkinkan untuk dirawat di rumah. Tim dokter juga telah mengizinkan Risma untuk makan yang menjadi seleranya. 

"Sangat bagus dan stabil, semua bagus. Makanan sudah bebas," katanya.

Sementara itu, Kepala Bagian Hubungan Masyarakat Pemerintah Kota Surabaya Muhammad Fikser mengatakan, Risma dipastikan sudah bisa pulang pada Rabu (3/6/2019).

Menurut Fikser, sehari sebelumnya, hasil rapat tim dokter RSUD dr Soetomo, memutuskan wali kota perempuan di Surabaya itu bisa dipulangkan.

"Besok bisa dipastikan Ibu bisa pulang. Rapat terakhir dokter, sudah disampaikan kalau besok diputuskan ibu sudah bisa pulang. Alhamdulilah sudah sehat," kata Fikser, Selasa (2/6/2019).

Menurut Fikser, saat ini Presiden UCLG-Aspac itu dilakukan pemeriksaan dan rehab medik seperti melatih berjalan, naik tangga secara perlahan, dan melakukan gerakan-gerakan kecil.

Saat di pintu Lobi A Graha Amerta, Risma tersenyum dan melambaikan tangan kepada awak media yang sedang menunggu.

Politisi PDI-P itu mengucapkan terima kasih kepada warga Surabaya yang telah memberi semangat dan mendoakan kesembuhannya selama ini.

"Terima kasih doanya sehingga saya bisa cepat sembuh," kata Risma sambil tersenyum. Risma lantas masuk ke dalam mobil sedan berwarna hitam dan berpamitan.

Wali kota dua periode itu dibawa ke rumah dinas Wali Kota Surabaya di Jalan Sedap Malam. Ia akan menjalani proses pemulihan hingga tuntas di rumah dinas tersebut.

Muhammad Fikser mengatakan, semua kepala organisasi perangkat daerah (OPD) Pemkot Surabaya sudah melaporkan semua perkembangan Kota Surabaya dan proyek yang sedang dilakukan kepada Risma.

Selain itu, Risma juga sudah aktif menandatangani beberapa dokumen saat bertemu kepala OPD.

"Alhamdulillah sudah sehat. Tadi Bu Wali juga sudah menandatangani beberapa surat yang perlu ditandatangani," kata Fikser di RSUD Dr Soetomo, Selasa (2/7/2019).

Ia memastikan kondisi Risma sepenuhnya sudah membaik. Tim dokter, kata dia, sudah melakukan rehab medik dan melatih duduk dan berjalan serta latihan beberapa gerakan.

Sumber: KOMPAS.com (Ghinan Salman)

https://regional.kompas.com/read/2019/07/03/18300001/pulang-dari-rumah-sakit-ini-pesan-dokter-untuk-risma-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke