Salin Artikel

Beredar Foto Bupati Donggala Pakai Seragam Tentara, Ini Komentar Danrem

Bahkan di foto tersebut, Bupati Donggala terlihat menggunakan pakaian dinas lapangan (PDL) TNI AD lengkap dengan pangkat, lars, topi baret, dan tongkat komando.

Komandan Korem 132 Tadulako, Kolonel Agus Sasmita, saat dihubungi Kompas.com terkait beredarnya foto tersebut mengatakan siapapun yang tidak mempunyai kartu tanda anggota sebagai anggota TNI tidak boleh mengenakan pakaian itu.

"Tapi sudah kok, pak Dandim Donggala sudah mengingatkan. Sudah nggak ada masalah lagi," kata Agus, dihubungi Selasa (18/6/2019).

Menurut Agus Sasmita, masyarakat sipil dilarang mengenakan pakaian atribut TNI karena takut disalahgunakan dan merusak citra TNI.

"Sekarang kan banyak yang memanfaatkan seragam itu, kan banyak yang ditangkap karena disalahgunakan. Makanya kita segera tegur dan kita ingatkan. Kan beliau itu publik figur," jelasnya.

Penggunaan pakaian TNI oleh masyarakat sipil sifatnya bisa situasional seperti pembawa acara yang memandu acara dalam kegiatan satuan TNI.

Hingga berita ini ditulis, Bupati Kasman Lassa belum berhasil dikonfirmasi terkait foto dirinya yang menggunakan pakaian seragam TNI.

https://regional.kompas.com/read/2019/06/18/17171541/beredar-foto-bupati-donggala-pakai-seragam-tentara-ini-komentar-danrem

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke