Salin Artikel

[POPULER NUSANTARA] Bom Bunuh Diri di Pos Polisi Kartasura | Heboh, Warung Bu Anny Akhirnya Bikin Daftar Harga Makanan

KOMPAS.com - Ledakan bom bunuh diri terjadi di depan Pos Pengamanan (Pospam) Lebaran 2019 Tugu Kartasura, Sukoharjo, Jawa Tengah, Senin (3/6/2019) malam.

Setelah ledakan terjadi, seorang pria terkapar di depan pos pantau Lebaran tersebut.

Polisi masih melakukan olah tempat kejadian perkara di lokasi kejadian. Polisi juga memasang garis polisi agar warga tidak terlalu mendekat.

Sementara itu, berita tentang Warung Lamongan Indah Lesehan Bu Anny di sebelah Kantor Kecamatan Slawi, Kabupaten Tegal, Jawa Tengah, juga masih menjadi sorotan.

Setelah menghebohkan dan viral di media sosial karena memberikan harga selangit kepada pembelinya, Bu Anny akhirnya membuat daftar harga menunya.

Baca berita populer Nusantara selengkapnya berikut ini:

Kapolda Jateng Irjen Pol Rycko Amelza Dahniel menerapkan perlindungan maximum security di semua tempat penjagaan dan pos pelayanan kepolisian, pasca ledakan bom bunuh diri di Pospam Lebaran Kartasura, Senin (3/6/2019).

Hal tersebut sebagai langkah antisipasi supaya peristiwa tersebut tidak kembali terjadi.

"Termasuk petugas (polisi) yang berseragam dilengkapi dengan pengamanan oleh kawannya sendiri," kata Rycko di Kartasura, Sukoharjo, Jawa Tengah, Selasa (4/6/2019).

Pascakejadian itu, polisi langsung melakukan penggeledahan di rumah milik korban yang diduga pelaku berinisial RA.

Rumah RA bersama orangtuanya itu berada tak jauh dari lokasi ledakan. RA saat ini sedang menjalani perawatan di sebuah rumah sakit di Solo.

Berita selengkapnya ada di Topik Pilihan Ledakan Bom Bunuh Diri di Pospol Kartasura

 

Dalam waktu tiga hari itu, pemilik warung lesehan yang bernama lengkap Mutiani (43) itu akhirnya menyusun daftar harga hidangan seafood khas Lamongan miliknya.

Hal itu terungkap saat Kepala Dinas Perdagangan Koperasi dan UKM (Dagkop UKM) Kabupaten Tegal Suspriyanti mendatangi kediaman wanita ber-KTP Lamongan ini di Kelurahan Kagok, Kecamatan Slawi, pada Jumat (31/5/2019) malam.

"Iya benar Bu Anny udah buat daftar harga saat kami datangi kediamannya," ungkap Suspriyanti.

Baca selengkapnya: Heboh Sekali Makan Rp 700.000 di Warung Bu Anny, Daftar Harga Menu Akhirnya Dibuat

 

Sejumlah buruh di PT HJ Busana lemparkan toples kue kering pemberian pihak perusahaannya di Desa Kutajaya, Kecamatan Cicurug, Sukabumi, Jawa Barat, Jumat (31/5/2019) lalu.

Mereka kecewa dengan pemberian bingkisan satu toples berisi kue nastar yang terbungkus kantong plastik tersebut. Karena pemberian kue menjelang hari raya Idul Fitri tahun ini sangat berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya.

Salah seorang karyawan yang tidak mau disebutkan namanya kepada Kompas.com pada Senin (3/6/2019) menuturkan peristiwa tersebut berlangsung spontan.

Aksi tersebut sebagai bentuk kekecewaan terhadap manajemen perusahaan setelah menerima bingkisan.

"Karyawan kecewa cuma dikasih satu toples kue nastar aja. Dibanding dengan tahun-tahun yang lalu tidak seperti itu," ungkap dia dalam aplikasi perpesanan WhatsApp.

Baca selengkapnya: Kecewa, Buruh Lempar Bingkisan Toples Kue Nastar dari Perusahaan

 

Arus kendaraan di jalur Pantura di Pemalang, Jawa Tengah, terpantau ramai lancar hingga Minggu (2/6/2019).

Dari pantauan di Pantura Petarukan, kendaraan pemudik dari arah Jakarta ke Semarang dapat melaju dengan kecepatan rata-rata 60 km/jam.

Ramainya arus lalu lintas pantura didominasi oleh kendaraan sepeda motor dan mobil pribadi.

Syakdan (24), warga yang mudik lewat Pantura, mengatakan, dia bersama teman-temannya melaju dari Palmerah, Jakarta, pada pukul 03.00 WIB dan sudah sampai di Pemalang pukul 13.00 WIB.

Syakdan mengungkapkan, dia hanya beristirahat dua kali yaitu di Cikampek dan Brebes, kemudian shalat dhuhur di Pemalang untuk melanjutkan perjalanan ke Semarang.

"Tahun ini lancar banget jalan panturanya, cuma tadi di Bekasi sama Cirebon agak tersendat aja tapi enggak terlalu lama," kata Syakdan.

Baca selengkapnya: "Tahun Ini, Jalur Pantura Lancar Banget...."

 

Staf Ahli Komunikasi dan Informasi BIN, Wawan Purwanto, menduga ledakan bom bunuh diri yang terjadi di pos polisi Tugu Kartasura, Sukoharjo, Jawa Tengah, mengincar aparat kepolisian.

Wawan menduga, pelaku bom bunuh diri di pos polisi tersebut terkait dengan penangkapan terduga teroris yang terjadi di beberapa daerah seperti di Jawa Timur hingga Tasik. Hal ini terlihat dari pola yang dilakukan terduga pelaku.

"Jaringanya link up sama seperti sebelumnya, sama polanya dengan serangan bom ini. Sasaran utama aparat karena mereka membendung amaliyah," ujar Wawan seperti dikutip dari Kompas TV, Selasa (4/6/2019).

Baca selengkapnya: Kesaksian Warga Saat Ledakan yang Diduga Bom Bunuh Diri di Pos Polisi Kartasura Sukoharjo

 

Sumber: KOMPAS.com (Labib Zamani, Ari Himawan Sarono, Budiyanto, Caroline Damanik, Farid Assifa)

https://regional.kompas.com/read/2019/06/04/06504091/populer-nusantara-bom-bunuh-diri-di-pos-polisi-kartasura-heboh-warung-bu

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke