Salin Artikel

Jemaah Naqsabandiyah Sumut Tetapkan 1 Syawal pada 4 Juni

Ketua Majelis Fatwa Naqsabandiyah Syekh Anwar Sajali mengatakan pihaknya menetapkan 1 Syawal 1440 H jatuh pada 4 Juni 2019 berdasarkan perhitungan tim hisab tarekat yang berpusat di Bandar Tinggi, Simalungun, Sumut..

Dengan demikian, jemaah Naqsabandiyah di Sumut akan melaksanakan malam takbiran pada Senin (3/6/2019) malam. Kemudian pada Selasa besok akan melangsungkan shalat Id yang dipusatkan di Pondok Pesantren Yayasan Dr Syekh Salman Daim, Bandar Tinggi.

"Semua jemaah di Sumut, besok akan ke sana," katanya, Senin (3/6/2019).

Ketetapan 1 Syawal 1440 ini sudah disosialisasikan kepada jemaah Tareqat Naqsyabandiyah Al-Kholidiyah Jalaliyah yang ada di seluruh Indonesia.

Namun, di beberapa daerah, seperti di Sumatera Barat, Riau dan Jawa, sejumlah anggota tarekat telah melangsungkan shalat Id pada hari ini, Senin (3/6/2019). 

Perbedaan penetapan 1 Syawal antardaerah tersebut menurutnya adalah hal biasa dalam tarekat ini. Nyaris setiap tahun, selalu ada perbedaan penetapan Idul Fitri karena perbedaan melihat bulan.

Sementara itu, Kementerian Agama belum menetapkan 1 Syawal 1440 H bagi umat Islam di Indonesia. Penetapan 1 Syawal baru akan ditentukan dalam sidang isbat yang rencananya akan digelar pada Senin malam ini.

Di sisi lain, PP Muhammadiyah sejak jauh hari telah menetapkan 1 Syawal jatuh pada 5 Juni 2019.

https://regional.kompas.com/read/2019/06/03/14100921/jemaah-naqsabandiyah-sumut-tetapkan-1-syawal-pada-4-juni

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke