Salin Artikel

Cerita di Balik OTT Kepala Imigrasi Mataram, Rumah Dinas Disegel hingga Disebut Kurang Gaul

Pasalnya, Kurniadie baru 8 bulan menjabat sejak 22 Oktober 2018 dan baru menempati rumah dinasnya Kompleks Hukum dan HAM, Jalan Majapahit nomor 18, Kota Mataram. 

Seperti diketahui, dalam OTT KPK tersebut selain Kurniadie juga ditangkap Kepala Seksi Inteldakim Yusrianyah Fazrin dan Penyidik Pegawai Negeri Sipil (PPNS) Ayub Abdul Muksith, oleh Komisi Pemberatansan Korupsi (KPK). 

Mereka ditangkap pada Senin (27/5/2019) malam dan Selasa (28/5/2019) dini hari di lokasi berbeda. Ketiganya diduga menerima suap pengurusan perpanjangan izin tinggal wisatawan asing di salah satu hotel berbintang di Kecamatan Sekotong, Lombok Barat.

Di dalam rumah dinas Kurniadie, terdapat dua mobil. Yakni Nissan X-Trail berwarna hitam dan sebuah mobil putih dengan plat nomor cantik DR 1 KE. Nampak juga sebuah motor modifikasi berwarna biru hitam. 

Yang paling mencolok adalah garis segel bertuliskan KPK di pintu pagar, serta tempelan stiker bertuliskan disegel KPK di pintu rumah dinas yang bercat putih itu.

Sejumlah warga yang penasaran banyak yang mengintip ke dalam rumah dinas Kepala Imigrasi Mataram yang baru 8 bulan menjabat itu.

Tetangga kanan kiri Kurniadie ternyata baru mengetahui penangkapan Kepala Imigrasi Mataram tersebut dari TV, media online dan media sosial. 

"Saya itu tidak tahu kalau ada yang ditangkap tangkap KPK. Saya tahunya malah dari kawan saya yang mengirim berita soal OTT ini. Padahal kita tetangganya kan. Tidak tahu kenapa kok tidak ada suara ribut-ribut malam itu, sepi aja. Sudah ketangkep aja bapaknya," kata Novi, salah satu tetangga. 

Belakangan ruang Kepala Imigrasi Mataram dibuka segelnya karena dokumen blangko paspor yang digunakan untuk melayani kepentingan masyarakat berada di ruangan tersebut.

"Saya meminta pada KPK agar segelnya dibuka karena dokumen untuk layanan publik blangko Paspor berada di ruangan bapak (Kurniadie) dan KPK mengizinkan," kata Denny saat jumpa pers terkait OTT KPK tersebut, Selasa. 

Kurang gaul

Menurut Novi dan sejumlah warga lainnya, sosok Kurniadie adalah sosok yang kurang bergaul dengan warga sekitar.

"Perginya kan pagi bapak ini, pulangnya malam, jadi jarang kumpul dengan warga di sini, apalagi dia tidak bawa anak istrinya selama bertugas di Lombok," kata Novi.

Kurniadie sendiri bertetangga dengan  Kepala Seksi Inteldakim Yusrianyah Fazrin yang juga terjaring OTT KPK. 

Jika Kurniadie tinggal sendiri di rumah dinasnya, berbeda dengan Kepala Seksi Inteldakim Yusrianyah Fazrin yang menetap di rumah dinas tepat di samping timur rumah dinas Kepala Imigrasi. 

Fazrin tinggal bersama keluarganya. Namun hanya saja beberapa hari sebelum OTT KPK, warga mengatakan keluarganya sudah pergi ke luar daerah.

Kurniadie dan Fazrin juga bertetangga dengan Ayub Abdul Muksith yang juga terjaring OTT KPK. Penyidik Pegawai Negeri Sipil (PPNS) tersebut tinggal di bagian belakang rumah dinas Kepala Imigrasi. 

Layanan di Kantor Imigrasi Mataram normal

Tertangkapnya Kepala Imigrasi dan sejumlah pejabat Imigrasi Mataram karena dugaan menerima suap pengurusan perpanjangan izin tinggal wisatawan asing tidak menyebabkan layanan publik di kantor imigrasi terganggu, terutama layanan bagi wisatawan asing yang akan mengurus perpanjangan tinggal di wilayah NTB.

Sejumlah wisatawan asing tetap mengurus kebutuhan mereka, seperti Kartu Izin Tinggal Terbatas (Kitas), Visa On Arrival (VOA) atau visa yang diperoleh pada saat kedatangan, dan perpanjangan izin tinggal.

Petugas Imigrasi melayani seperti biasa layanan publik di Kantor Imigrasi kelas I TP Mataram, sejak Selasa pagi.

Kepala Sub Bagian Tata Usaha Kantor Imigrasi Mataram Denny Chisdian mengatakan layanan tak ada yang bermasalah karena Kanwil Kemenkumham NTB telah menunjuk Pelaksana Harian (PLH) Kantor Imigrasi Kelas I TP Mataram yakni Rahmat Gunawan.

Rahmat Gunawan, sebelumnya menjabat sebagai Kepala Seksi Izin Tinggal dan Status Keimigrasian (Intaltuskim) Kantor Imigrasi Mataram.

 

 

https://regional.kompas.com/read/2019/05/29/07084611/cerita-di-balik-ott-kepala-imigrasi-mataram-rumah-dinas-disegel-hingga

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke