Salin Artikel

PMI Tasikmalaya Kekurangan Stok Darah Sampai 50 Persen di Bulan Puasa

TASIKMALAYA, KOMPAS.com - Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Tasikmalaya, mengalami kekurangan stok darah sampai 50 persen saat memasuki bulan Ramadhan.

Saat ini stok di unit transfusi darah hanya tersedia untuk kebutuhan dua Minggu ke depan.

Kepala Bidang Umum PMI Kabupaten Tasikmalaya, Tonton Ferdian mengaku, jumlah pendonor turun drastis saat memasuki bulan puasa. Sehingga, stok bulanan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat pun saat ini tak bisa terpenuhi.

"Setiap bulan kita membutuhkan setidaknya 1.500 labu, untuk bulan sekarang baru tersedia 600 labu, jumlah itu masih kurang untuk memenuhi kebutuhan setiap bulannya. Prediksinya 600 labu hanya cukup untuk kebutuhan dua minggu ke depan," jelas Tonton kepada wartawan di kantornya, Kamis (9/5/2019).

Penurunan para pendonor, lanjut Tonton, biasanya disebabkan enggannya mendonorkan darah saat puasa. Terlebih lagi, ada beberapa keyakinan masyarakat kalau mendonorkan darah bisa membatalkan puasa.

Padahal, menurut Tonton, sesuai dengan Fatwa MUI bahwa donor darah sejatinya dianggap tak membatalkan puasa.

"Pengeluaran darah dari orang yang sedang menunaikan ibadah puasa, tidak membatalkan atau mengurangi kesempurnaan ibadah puasa orang yang menjalankan. Bahkan ditinjau dari sudut fadilah atau keutamaan, memberikan sumbangan darah oleh orang yang sedang berpuasa kepada orang yang membutuhkan adalah satu amal soleh," ungkapnya.

Dengan demikian, pihaknya pun terus mencoba menyosialisasikan mendonorkan darah di bulan suci ini merupakan sodaqoh paling mulia. Soalnya, membantu menolong pasien yang membutuhkan darah saat menjalani pengobatan di rumah sakit.

https://regional.kompas.com/read/2019/05/09/15080691/pmi-tasikmalaya-kekurangan-stok-darah-sampai-50-persen-di-bulan-puasa

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke