Salin Artikel

Upaya Adik Pelaku Bom Bali Rangkul Napi Terorisme Dapat Pujian BNPT

LAMONGAN, KOMPAS.com - Yayasan Lingkar Perdamaian (YLP) pimpinan Ali Fauzi, yang berada di Desa Tenggulun, Kecamatan Solokuro, Lamongan, Jawa Timur, kembali mendapat kunjungan dari jajaran Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT), Jumat (3/5/2019).

Dalam kesempatan ini, Kepala BNPT Komjen Pol Suhardi Alius sempat memuji upaya yang selama ini telah dilakukan YLP dalam merangkul dan mengajak para mantan napi terorisme kembali setia pada Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), yang sekaligus dalam rangka mencegah terjadinya aksi terorisme.

"Kegiatan kami ini dalam rangka silaturahmi menjelang Bulan Ramadhan. Kami harapkan, YLP bisa menjadi role model dunia sebagaimana bisa mengemas dan menjadikan masa depan eks napiter (napi terorisme) menjadi lebih baik," ujar Suhardi, di sela agenda kunjungan di YLP, Jumat (3/5/2019).

Suhandi beserta rombongan dari jajaran BNPT juga sempat mendapat laporan dari Ali Fauzi mengenai progress yayasan sejauh ini, serta beberapa pembangunan yang tengah dilakukan YLP, seperti pembangunan masjid dan TPQ (Taman Pendidikan Al Quran).

"Semakin banyaknya pengunjung yang datang ke YLP, sebenarnya bisa menjadi peluang ekonomi bagi warga Tenggulun. Dan yang pasti, kami berterima kasih kepada YLP atas usahanya untuk melakukan upaya deradikalisasi napiter di lapas, yang tentunya masih mempunyai militansi yang tinggi," ucap dia.

Sementara itu, Ali Fauzi mewakili YLP menyatakan terima kasih atas kunjungan yang dilakukan jajaran BNPT ke tempatnya. Pihaknya terus berupaya bagaimana menyadarkan napiter untuk kembali ke pangkuan ibu pertiwi dan sekaligus setia kepada NKRI.

"Di lapas (Pasuruan) ada napiter yang bernama GAS (ISIS). Ketika pertama kali saya datang ke sana, kami dikafir-kafirkan karena dianggap murtad, dan alhamdulillah atas upaya komprehensif yang bersangkutan saat ini sudah mempunyai jiwa nasionalisme dan kembali pada NKRI," tutur adik dari Amrozi, pelaku bom Bali itu.

Ia pun menuturkan, banyaknya media dari dalam dan luar negeri yang datang ke YLP untuk melakukan penelitian dan memerlukan waktu berhari-hari membuat mereka harus bolak-balik ke Lamongan. Karena itu, mereka berencana membangun home stay di sekitar YLP.

Dalam agenda kunjungan silaturahim kali ini hadir pula Deputi Bidang Pencegahan, Perlindungan dan Deradikalisasi Mayjend TNI Hendri Paruhuman Lubis, Deputi Bidang Penindakan, Penegakan Hukum dan Pembinaan Kemampuan Irjen Pol Budiono Sandi, Direktur Deradikalisasi Prof Irfan Idris, Direktur Pembinaan Kemampuan Brigjen Pol Imam Margono, Direktur Penegakkan Hukum Brigjen Pol Edi Hartono, Kapolres Lamongan AKBP Feby DP Hutagalung beserta jajaran.

https://regional.kompas.com/read/2019/05/03/16083371/upaya-adik-pelaku-bom-bali-rangkul-napi-terorisme-dapat-pujian-bnpt

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke