Salin Artikel

Rektor UNY Realisasikan Konser Dies Natalis Bayar Tiket dengan IPK

Hal itu ia sampaikan melalui unggahan foto di Instagram-nya @sutrisna.wibawa pada Selasa (2/4/2019) malam. Unggahan menampilkan foto dirinya yang tengah berdiri bersama Wakil Rektor III UNY dan Direktur Utama Bank Pembangunan Daerah DIY.

Meski menjabat sebagai seorang rektor, di media sosial Sutrisna terkenal sebagai sosok yang gemar melemparkan humor. Ini termasuk saat mengumumkan rencana konser dengan sistem tiket yang unik ini.

Salah satunya akun @firaamaliya yang membuatkan pantun khusus.

"Ada yuyu kena palu Thor, we love you Pak Rektor," tulisnya.

Namun, ada juga yang sedih tidak bisa menonton bersama sang kekasih, lantaran IPK yang jauh berbeda.

"Bapak, IPK saya 3,6 pacar saya 3,2. Yah, kita nontonnya harus terpisah dong, Pak," tulis akun @fahrilandung.

Penjelasan Rektor UNY

Saat dihubungi Rabu (3/4/2019), Sutrisna menjelaskan tujuan dari ide unik penyelenggaraan konser ini.

"Iya, semula guyonan saja untuk menjelaskan bahwa prestasi itu penting. Alhamdulillah bisa direalisasi. Saya tetap menggunakan IP untuk memotivasi mahasiswa meningkatkan prestasi," kata Sutrisna.

Tidak seperti konser musik lainnya yang menentukan kelas tiket berdasarkan perbedaan harga, di konser yang rencananya digelar 1 Mei mendatang ini, tinggi rendah IPK mahasiswa lah yang akan menentukan kelas tiket apa yang akan diperoleh.

Ada kelas Festival, Tribun, VIP, VVIP, atau yang lainnya. Namun, saat ditanya tentang pembagian ini, Sutrisna menyebut belum ada aturan finalnya.

"Belum ada aturan pasti, tetapi akan dikelompokkan antara (IPK) 3,5-4, 3-3,5, 2,5-3, dan 2-2,5," ujar dia. 

Konser ini rencananya akan diselenggarakan di GOR UNY, Jalan Colombo, dan mengundang kelompok musik beraliran pop jazz, Maliq & D’essentials.

Seluruh mahasiswa aktif UNY diperkenankan untuk ikut memeriahkan konser dengan tata cara yang telah disebutkan rektor melalui unggahannya, yakni mencetak tiket di sistem akademik kampus.

Banyak yang menanyakan apakah alumni dapat turut hadir, sayangnya konser ini dikhususkan hanya untuk mereka yang masih menempuh pendidikan di UNY, atau baru saja menyelesaikan studinya dan menuju wisuda.

"Mahasiswa saja, tempatnya hanya muat 7.500-an," ucap Sutrisno.

Rencana konser ini adalah bentuk kelanjutan dari viralnya pepercakapan seorang mahasiswa dengan Sutrisna melalui chat Instagram yang meminta dibuatkan konser dengan penyanyi-penyanyi ternama sebagai pengisi acaranya.

Sutrisna menjawab akan menuruti permintaan itu jika saja ada sponsor yang membantu pendanaannya. Saat itu, ia juga menyebut akan membagi kelas tiket berdasarkan capaian prestasi mahasiswanya.

Karena banyaknya respons dan akhirnya mendapatkan partner untuk menyelenggarakan konser yang diinginkan, permintaan mahasiswa bernama Clara itu pun benar-benar terwujud.


 

https://regional.kompas.com/read/2019/04/03/11305401/rektor-uny-realisasikan-konser-dies-natalis-bayar-tiket-dengan-ipk

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke