Salin Artikel

Polisi Tunggu Hasil Laboratorium Penyebab Kematian Ratusan Hiu di Karimunjawa

Polisi telah menerjunkan tim dari Direktorat Reserse Kriminal Khusus, dan Polres Jepara untuk memulai melakukan penyelidikan.

"Tim sudah dikirim ke sana. Langkah awal kita adalah melakukan klarifikasi kepada pemilik penangkaran itu, izin-izin penangkaran ada atau tidak sedang kita klarifikasikan," kata Condro, seusai gelar pasukan pengamanan kampanye terbuka dan TPS Pemilu di Lapangan Simpang Lima Semarang, Jumat (22/3/2019).

Condro mengatakan, kepolisian terus bergerak untuk melakukan penyelidikan terkait matinya Hiu tersebut.

Namun demikian, polisi juga tengah menunggu hasil laboratorium penyebab kematian ikan-ikan tersebut dari Balai Besar Veteriner Wates, Yogyakarta pada Direktorat Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan Kementerian Pertanian.

"Hasil lab akan keluar kurang lebih 15 hari lagi. Kemarin hasil lab dari Jepara tapi belum bisa, dan kemudian (sampel) dikirim ke Yogya," tambahnya.

Mati mendadak

Sebelumnya, ada 110 ikan Hiu Karang Putih dan Hiu Karang Hiham yang dilaporkan mati mendadak di kolam milik Minarno atau Cun Ming (81) pada Kamis (7/3/2019) lalu. 

Penjaga kolam menemukan ratusan ikan sudah mengambang di kolam. Hiu yang mati merupakan jenis Hiu indukan.

Cun Ming mengatakan, matinya ratusan hiu itu baru pertama kali terjadi sejak ia menangkar Hiu selama 50 tahun di pulau tersebut. 

https://regional.kompas.com/read/2019/03/22/16391531/polisi-tunggu-hasil-laboratorium-penyebab-kematian-ratusan-hiu-di

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke