Salin Artikel

Merasa Sudah Mampu, Puluhan Keluarga di Magetan Kembalikan Bantuan PKH

Sri Susanti salah satu warga Sido Mulyo Kabupaten Magetan mengatakan, sejak 2012 menerima bantuan sosial program PKH. Dia memilih mengundurkan diri dari program itu karena saat ini sudah merasa mampu.

“Saya rasa masih banyak yang membutuhkan dari saya, biar diberikan kepada yang lebih membutuhkan,” ujarnya saat ditemui di rumahnya, Jumat.

Kepala Dinas Sosial Kabupaten Magetan Sucipto mengatakan, sejak awal Maret, sebanyak 24 keluarga penerima Program PKH telah mengembalikan bantuan kepada pemerintah.

“Sampai saat ini keluarga yang mengundurkan diri sebagai penerima PKH itu sebanyak 24 orang,” katanya.

Sucipto mengatakan, saat ini pihaknya berupaya meminimalisir kesalahan penerima bantuan sosial dengan melakukan pencacahan dan evaluasi terhadap kelayakan penerima bantuan sosial dari pemerintah.

Pencacah juga akan mendata ulang keluarga miskin yang berhak mendapat bantuan sosial tapi tidak masuk dalam data penerima PKH.

“Untuk menyediakan data yang valid itu nanti ada pencacahan lagi, melalui musyawarah desa musdes atau muskel musyawarah kelurahan, nanti diserahkan kepada Dinas Sosial,” ujarnya.

Dinas Sosial Kabupaten Magetan juga mempertimbangkan rencana penempelan stiker warga miskin terhadap penerima bantuan sosial. Penempelan stiker keluarga miskin menurut Sucipto akan berpengaruh pada psikologis penerima bantuan sosial dari pemerintah.

“Dampak psikologisnya mungkin malu terus dia tidak mau menerima bantuan itu,” ucapnya.

https://regional.kompas.com/read/2019/03/22/15305891/merasa-sudah-mampu-puluhan-keluarga-di-magetan-kembalikan-bantuan-pkh

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke