Salin Artikel

Warga Ingin Temuan Situs Purbakala di Tol Pandaan-Malang Jadi Tempat Wisata

Rencananya, setelah situs berupa struktur bangunan itu selesai diekskavasi, warga akan menjadikannya sebagai bagian dari tempat wisata.

"Dengan temuan ini semoga bisa menjadi tempat wisata," kata Kepala Desa Sekarpuro, Sulirmanto, saat melihat temuan situs, Selasa (12/3/2019).

Pemerintah desa setempat ingin menjadikan kawasan itu sebagai wisata air dengan membangun embung atau kolam.

"Kalau bisa mungkin untuk istilahnya taman wisata, taman air. Di sini kan banyak sumber air besar. Rencana saya buat embung," ujar dia.

Dengan begitu, Sulirmanto berharap, taraf kehidupan warga setempat bisa meningkat. Sebab, warga di Dusun Sekaran tertinggal dibandingkan dengan warga di dusun lainnya.

"Kalau masyarakat sangat mendukung. Karena di sini daerahnya masih tertinggal," kata dia.

Sementara itu, arkeolog dari BPCB Jawa Timur masih melakukan ekskavasi atau upaya penggalian untuk menemukan bentuk situs tersebut. Situs itu berada di lokasi proyek Tol Pandaan-Malang seksi 5 kilometer ke-37.

Pengerjaan proyek di lokasi itu sementara dihentikan. Rencananya, ruas jalan tol di lokasi itu akan digeser ke sebelah timur atau ke bantaran Sungai Amprong jika hasil ekskavasi menunjukkan struktur bangunan itu merupakan situs purbakala.

https://regional.kompas.com/read/2019/03/13/10382531/warga-ingin-temuan-situs-purbakala-di-tol-pandaan-malang-jadi-tempat-wisata

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke