Salin Artikel

Dua Jenazah ABK Lang 01 yang Ditemukan Berhasil Diidentifikasi

Keduanya adalah Sidik (kelasi) dan Kamdan Pratama (kelasi). Kedua jenazah dievakuasi ke Kota Merauke dari Kampung Wanam menggunakan KM Putra Jaya, Sabtu (2/2/2019).

Setibanya di Merauke, kedua jenazah kemudian langsung dibawa ke kamar jenazah RSUD untuk didentifikasi tim forensik Polres setempat.

"KM Putra Jaya yang mebawa dua jenazah tiba di pelabuhan perikanan Merauke sekitar pukul 16.35 WIT," kata juru bicara Kantor Pencarian dan Pertolongan (SAR) Merauke, Darmawan kepada Kompas.com, Minggu (3/2/2019).

Sebelumnya, kedua jenazah ditemukan pada Senin (28/1/2019) dan Selasa (29/1/2019). Saat ditemukan, kondisi jenazah sudah tidak dapat dikenali lagi.

Kantor Pencarian dan Pertolongan Merauke, Papua, juga telah menutup operasi SAR pencarian para korban KMN Lang 01, Jumat (1/2/2019), setelah tim SAR gabungan terdiri dari Basarnas Merauke, Lantamal XI Merauke, Satpolair serta masyarakat dan kapal-kapal nelayan sudah tidak berhasil menemukan lagi korban.

Operasi SAR ditutup dengan pertimbangan sudah tidak efektif lagi untuk melanjutkan pencarian korban.

Selain itu, keputusan ini diambil berdasarkan hasil evaluasi dan koordinasi dengan perusahaan pemilik kapal dan keluarga korban.

Dengan ditutupnya operasi SAR ini, maka masih tersisa 7 korban yang belum ditemukan, yakni Jemi Yanto (Kepala Kamar Mesin), Arifudin (kelasi), Abu Bakar (kelasi), Jai (kelasi), Hasnuddin (kelasi), Sulem (kelasi), dan Mulyono (kelasi).

Sedangkan 6 korban meninggal dunia yang sudah ditemukan Tjung Meng (nahkoda), Herman (kelasi), Naseran (kelasi), Mohammad Imam Jumali (kelasi), Sidik (kelasi), dan Kamdan Pratama (kelasi).

Untuk diketahui, KMN Lang 01 berkapasitas 71 GT tenggelam di muara sungai Digoel, Papua, Kamis (24/1/2019) lalu.

Tenggelamnya kapal itu dilaporkan Edi Bau selaku perwakilan agen kapal, Sabtu (26/1/2019) di Kantor SAR Merauke.

Berdasarkan keterangan Edi, kapal yang mengangkut 13 ABK itu tenggelam di muara sungai Digoel pada koordinat 07°20’44’’ S – 138°23’52’’ E, setelah mendapat terjangan ombak yang cukup tinggi.

https://regional.kompas.com/read/2019/02/03/13013161/dua-jenazah-abk-lang-01-yang-ditemukan-berhasil-diidentifikasi

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke