Salin Artikel

6 Fakta di Balik Teror Bakar Mobil di Semarang, Ganjar Geram hingga Mulai Sasar Sepeda Motor

KOMPAS.com - Tak hanya mobil yang dibakar oleh para pelaku, namun sepeda motor juga menjadi sasaran para pelaku di wilayah Jawa Tengah. 

Seperti diketahui, polisi masih disibukkan dengan aksi teror pembakaran mobil yang terjadi di Kota Semarang dan sejumah wilayah lainnya di Jawa Tengah.

Lalu pada hari Sabtu (2/2/2019) dini hari, tiga sepeda motor milik warga dibakar oknum tak dikenal. Sebelumnya, pada hari Jumat (1/2/2019) dini hari, dua mobil di Kecamatan Candisari dilaporkan dibakar oleh pelaku. 

Sementara itu, Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, mendesak kepolisian untuk segera menangkap pelaku dan mengungkap kasus tersebut.

Berikut ini fakta lengkapnya:

Saat ramai dibicarakan masyarakat, dua mobil warga Kota Semaragn kembali dibakar, Jumat (1/2/219) dini hari.

Satu mobil milik warga Tegalsari, Kecamatan Candisari, Kota Semarang, dibakar oleh oknum tak dikenal pukul 04.15 WIB.

Mobil Daihatsu Sigra dengan nomor polisi H 8672 FG milik Dodi Handono (71) menjadi korbannya.

Dodi menjelaskan, saat itu mobilnya berada di dalam garasi dan pintu pagar telah terkunci.

Sebelumnya, pada Kamis (31/1/2019), sebuah mobil Daihatsu Ayla K 9478 ED di di Kelurahan Mlatiharjo, Semarang Timur pukul 03.45 WIB, juga terbakar.

"Ini kejadian yang kedua kali disini (Candisari)," ujar kata Kapolsek Candisari Iptu Teguh Prasetyo.

Dodi Handono, salah satu korban, menjelaskan, saat itu dirinya sadar mobilnya terbakar karena ada teriakan warga. Ia pun segera memadamkan api sebisanya.

"Saya tahunya ada teriakan kebakaran. Saya lalu lihat dari jendela, apinya sudah menyala," ujarnya.

Dodi akhirnya bisa memadamkan api setelah dibantu warga. Meski demikian, bagian depan mobil sudah terlihat rusak dan hangus.

"Saya bersyukur apinya tidak merambat lebih jauh," tambahnya.

Diakui atau tidak, aksi pembakaran mobil di wilayah Jawa Tengah telah meresahkan masyarakat di Jawa Tengah, khususnya Kota Semarang. 

Untuk itu, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo meminta polisi segera menangkap pelaku.

"Saya minta itu (diusut), dan polisi sudah mulai melakukan tindakan mendalam sekali. Saya minta tegas itu. Mudah-mudahan segera ditangkap," kata Ganjar seusai pelantikan bupati Kebumen di Semarang, Jumat (1/2/2019).

Wali Kota Semarang, Jawa Tengah, Hendrar Prihadi mengimbau masyarakat Semarang tidak cemas atas insiden pembakaran mobil misterius yang terjadi belakangan ini.

"Tidak perlu kecemasan berlebih. Jangan pernah takut terhadap persoalan-persoalan yang bersifat teror," kata Hendrar ketika dikonfirmasi, Jumat (1/2/2019).

Ia mengatakan, kepolisian telah bertindak untuk memburu para pelaku pembakaran. Masyarakat diminta untuk percaya pada kinerja polisi membongkar kasus tersebut.

"Kepolisian dan Muspida selalu konsolidasi dan bersepakat menciptakan kondisi yang aman, nyaman dan kondusif," tambahnya.

Tiga sepeda motor yang diparkir di teras rumah di Jalan Menoreh Timur II RT 3 RW 4 Kelurahan Sampangan, Kecamatan Gajahmungkur Kota Semarang, dibakar para pelaku, Sabtu (2/2/2019) dini hari.

Pemilik rumah menyadari kejadian itu saat lampu di teras tiba-tiba padam. Lampu tersebut telah dipasang pendeteksi panas.

"Pas azan subuh bapak saya mendengar ada sepeda motor berhenti di depan rumah. Untungnya lampu depan padam, kalau tidak mungkin kita terlambat mengetahui kebakaran," kata Adiyantoro (28), pemilik rumah.

Dilansir dari Tribunnews, korban segera memadamkan api dengan agar api tak merembet ke rumahnya.

Kapolda Jawa Tengah Irjen Pol Condro Kirono menegaskan telah menggerakkan timnya sampai tingkat Polsek.

"Ini kan upaya-upaya untuk membuat resah masyarakat, ya. Jadi, doakan saja kita optimalkan dan maksimalkan untuk menanganinya.

Terus, kita tingkatkan patroli rutin dari jajaran mulai polres atau polrestabes sampai polsek keliling wilayahnya," kata Irjen Pol Condro Kirono, dilansir dari Tribunnews, Sabtu (2/2/2019).

Sumber: KOMPAS.com (Nazar Nurdin)/ Tribunnews (Jamal A. Nashr)

https://regional.kompas.com/read/2019/02/02/15263981/6-fakta-di-balik-teror-bakar-mobil-di-semarang-ganjar-geram-hingga-mulai

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke