Salin Artikel

Satu Orang Tewas Tertimpa Longsor di Kawasan Lereng Merapi

Kepala Pelaksanan Harian BPBD Kabupaten Magelang Edi Susanto, menjelaskan longsor terjadi sekitar pukul 08.00 WIB. Sehari sebelumnya, hujan mengguyur kawasan lereng gunung Merapi tersebut.

"Korban sedang bekerja membuat lanjaran (penyangga tanaman bambu), tiba-tiba tebing persawahan setinggi 8 meter dan lebar 4 meter runtuh menimpa korban," jelas Edi, Jumat.

Rekan korban yang mengetahui kejadian tersebut langsung meminta bantuan warga sekitar dan petugas BPBD Kabupaten Magelang untuk mengevakuasi korban. Sayang, nyawa petani itu tidak tertolong lagi akibat tertimpa material tanah longsor.

Menurutnya, evakuasi dilakukan oleh tim reaksi cepat dan satgas BPBD Kabupaten Magelang, dibantu TNI, Polri, Pemerintah Desa Kapuhan, OPRB Desa Kapuhan, relawan Guruh Merapi dan masyarakat

Edi menduga, tebing di kawasan persawahan itu labil sehingga mudah longsor. Ia meminta warga untuk tetap waspada sebab longsor susulan masih berpotensi terjadi.

"Masih berpotesi longsor susulan jika terjadi hujan dengan intensitas tinggi, masyarakat kami minta waspada," ungkapnya.

Hingga berita ini ditulis, petugas dan relawan masih melakukan kerja bakti membersihkan dan menyingkirkan material longsor. 

https://regional.kompas.com/read/2019/01/18/15592081/satu-orang-tewas-tertimpa-longsor-di-kawasan-lereng-merapi

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke