Salin Artikel

Bagikan 2.500 Sertifikat di Ponorogo, Jokowi Kembali Curhat Soal Tudingan Dirinya PKI

PONOROGO, KOMPAS.com-Usai membagikan 2.500 sertifikat tanah untuk rakyat, Presiden Joko Widodo kembali curhat terkait tudingan dirinya anggota PKI.

Curhat mantan Walikota Solo dua periode itu disampaikan lantaran dirinya geram gencarnya berita hoaks menyebut dirinya anggota Partai Komunis Indonesia (PKI).

"Jangan sampai percaya dengan berita fitnah banyak sekali. Berita bohong dan hoaks banyak sekali. Saya berikan contoh satu, Presiden Jokowi itu PKI," kata Jokowi di depan ribuan warga penerima sertifikat tanah di Alun-Alun Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur, Jumat ( 4 / 1 / 2019) sore.

Jokowi mengungkapkan, selama 4 tahun dirinya difitnah sebagai PKI tetapi dirinya memilih diam. Tak tahan difitnah terus-terusan, Jokowi akhirnya buka suara.

"Saya sudah empat tahun diam difitnah seperti itu. Tapi saya sabar..ya Allah..sabar..sabar..sabarrr. Tetapi sekarang saya mau omong karena sudah keterlaluan fitnahnya seperti itu," kata Jokowi.

Ia menjelaskan, PKI dibubarkan tahun 1966 sementara dirinya lahir tahun 1961. Umurnya saat itu baru empat tahun.

"Masa ada PKI balita. Pakai logika dong. Jangan langsung percaya," keluh Jokowi.

Tak hanya itu, kegeraman Jokowi makin bertambah setelah hasil survei terhadap berita hoaks itu yang percaya mencapai 9 juta orang lebih.

Ia menambahkan, bila tak mempan, tudingan PKI ditujukan kepada orang tua dan kerabatnya. Namun, ia meminta warga mengecek langsung ke kampung halamannya di Solo. Pasalnya seluruh keluarga besarnya Muslim semua.

Selesai curhat, Jokowi kemudian menayangkan salah satu foto yang sempat viral di sosial media. Foto tersebut adalah foto Ketua PKI DN Aidit saat berpidato pada tahun 1955. Di foto itu sempat viral karena ada sesosok yang dianggap mirip Jokowi.

"Ini gambar DN Aidit, Ketua PKI. Dia pidato pada tahun 1955. Saya lahir tahun 1961. Lha kok saya ada di depannya," papar Jokowi disambut tawa ribuan warga.

Hanya saja setelah dilihat di ponsel, ia merasa heran wajah pria di foto itu mirip denganya.

"Setelah saya lihat di handphone saya lha kok wajahnya persis saya," jelas Jokowi.

Jokowi heran dengan ulah orang yang membuat foto itu. Untuk itu ia memerintahkan aparat mencari pembuat foto fitnah tersebut.

"Enggak logis ini. Lahir saja saya belum masak sudah didekat podium DN Aidit," kata Jokowi.

Untuk itu, Jokowi meminta warga tidak mudah percaya terhadap berita-berita yang tidak jelas. Apalagi, mendekati pilpres dan pileg akan banyak berita yang tidak benar.

https://regional.kompas.com/read/2019/01/04/23184781/bagikan-2500-sertifikat-di-ponorogo-jokowi-kembali-curhat-soal-tudingan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke